Apa Itu Lampor? Keranda Terbang yang Viral di Tiktok, Simak Fakta Menarik di sini

- 14 Juli 2021, 16:28 WIB
Kata lampor mendadak viral melalui video di aplikasi tiktok. Berikut fakta menariknya
Kata lampor mendadak viral melalui video di aplikasi tiktok. Berikut fakta menariknya /PIXABAY/nikuga

BERITA DIY - Kata lampor akhir-akhir ini menjadi viral melalui sosial media. Apa itu lampor sebenarnya? dan bagaimana fakta menarik dibaliknya?

Fakta mengenai lampor sendiri terdapat dalam kehidupan budaya masyarakat Jawa. Masyarakat Jawa percaya bahwa lampor adalah sejenis iblis yang akan mengganggu manusia.

Dipercayai bahwa fakta adanya lampor ini bahwa biasanya lampor berbentuk keranda yang terbang. Waktu terbangnya lampor dipercayai terjadi pada malam hari.

Baca Juga: Arti Kata 'Thaun' di Jatim yang Sedang Viral di Media Sosial TikTok

Keyakinan adanya lampor ini telah ada turun temurun dalam masyarakat Jawa. Masyarakat Jawa percaya bahwa lampor merupakan 'anak buah' dari Nyi Blorong. Kehadirannya biasanya disertai dengan angin kencang dari laut selatan.

Keyakinan tentang adanya lampor ini juga dipraktikkan dalam kehidupan sehari-hari. Dalam kehidupan sehari-hari masyarakat Jawa akan meminta orang-orang terdekatnya untuk masuk ke dalam rumah. Tujuan nya agar tak didatangi lampor.

Karena orang yang didatangi lampor dipercaya akan mengalami musibah. Musibah tersebut seperti sakit berkepanjangan bahkan hingga meninggal dunia. 

Baca Juga: Ssstikio Ssstiktok Untuk Download Video Tiktok Tanpa Watermark Tanpa Aplikasi

Sebelumnya, lampor sendiri viral melalui postingan akun tiktok dengan nama akun @bang_jo26. Dalam video tersebut memperlihatkan adanya keranda terbang yang biasa disebut lampor.

Keterangan video tersebut menyebutkan bahwa kejadian tersebut tak hanya terjadi sekali ini saja. Melainkan sudah terjadi di desa-desa yang lain.

Halaman:

Editor: Resti Fitriyani


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x