Tips Merawat Aglonema Agar Cantik dan Miliki Nilai Jual Tinggi

- 23 Oktober 2020, 16:10 WIB
Ilustrasi: tanaman Aglaonema/
Ilustrasi: tanaman Aglaonema/ /pixabay/PENEBAR/

BERITA DIY – Aglonema si ratu tanaman hias sangat digemari masyarakat. Keunikan corak yang dimilikinya, kemudahan dalam perawatan serta harga jualnya yang cukup tinggi pada jenis tertentu menjadi beberapa alasan sangat populernya tanaman ini.

Aglonema atau yang bernama lain Sri Rezeki dan Chinese Evergreen ini memiliki corak yang mampu menjadi daya tarik tersendiri. Motif tanaman yang menyerupai batik serta perpaduan warna kuning, merah, dan hijau sangat memesona pandangan.

Beberapa jenis aglonema yang saat ini digemari adalah Aglonema Emerald, Aglonema Claudia, Aglonema Adelia, Aglonema Moonlight, Aglonema Lady Valentine, Aglonema Cinta, Aglonema Siam Aurora.

Baca Juga: Profil Alexandra Askandar yang Ditunjuk Jadi Wakil Dirut Bank Mandiri

Aglonema termasuk salah satu tanaman yang mudah untuk dirawat. Tanaman ini juga dapat bertahan di ruangan berAC sehingga cocok digunkakan sebagai tanaman hias indoor multifungsi. Berikut beberapa tips untuk anda dalam merawat tanaman hias ini.

  1. Siapkan medium tanam yang sesuai

Gunakan campuran humus daun dan pasir dengan perbandingan 3:1 untuk mendapatkan tingkat Ph tanah netral yaitu antara 6 hingga 7.

  1. Beri pupuk secara berkala

Berikan pupuk dalam jangka waktu tiga bulan sekali dengan pupuk kompos atau pupuk kandang yang matang. Seseklai juga dapat dikombinasikan pupuk organik dan anorganik seperti pupuk urea. Tanaman ini juga dapat dipupuk dengan cara menyemprotkan pupuk daun yang mengandung unsur hara makro dan mikro setiap satu bulan sekali.

Baca Juga: Daftar Aplikasi yang Dapat Digunakan dari Kuota Belajar Kemendikbud - Telkomsel: Youtube hingga Zoom

  1. Sesuaikan kadar air dengan kelembapan tanah

Siram tanaman ini satu kali dalam sehatru dengan air yang cukup agar tanam tetap gembur dan lembap. Anda juga dapay menggemburkan media tanam setiap sebulan sekali.

Halaman:

Editor: Iman Fakhrudin


Tags

Artikel Pilihan

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x