Tips Merawat Janda Bolong Agar Semakin Cantik dan Mengkilap

- 13 Oktober 2020, 13:58 WIB
Cara Perawatan Tanaman Janda Bolong
Cara Perawatan Tanaman Janda Bolong /Huy Phan/Pexels/Huy Phan

BERITA DIY - Pandemi Covid-19 yang melanda seluruh dunia memaksa kita lebih banyak melakukan aktivitas dari rumah. Rasa bosan tak jarang datang menghampiri. Namun demikian, banyak alternatif kegiatan yang dapat kita coba untuk lakukan.

Salah satu aktivitas selama berada di rumah yang kian banyak digandrungi oleh masyarakat selama pandemi Covid-19 adalah berkebun dan merawat tanaman. Tanaman yang dirawat pun jenisnya beraneka ragam seperti Aglonema, Kaktus hingga Janda Bolong.

Semakin meningkatnya permintaan masyarakat akan beberapa jenis tanaman ini membuatnya dijual dengan harga yang cukup fantastis. Begitupun dengan tanaman Janda Bolong yang harganya dapat mencapai 250 juta.

Baca Juga: HP Terbaru Xiomi POCO X3 Resmi Diluncurkan, Ini Spesifikasi dan Harganya

Tanaman Janda Bolong atau juga dikenal dengan Monstera ini merupakan tanaman hias daun merambat yang berasal dari bagian selatan hutan tropis Meksiko.

Perawatan tanaman ini dapat dikatakan mudah. Tanaman ini juga cocok untuk diletakkan di dalam ruangan maupun di luar ruangan.

Bagi anda yang telah memiliki tanaman ini, berikut adalah hal-hal yang harus diperhatikan untuk merawat tanaman Janda Bolong.

Baca Juga: Lirik Lagu Pergilah Kasih - Chrisye yang Sedang Viral di TikTok

  1. Tanam Janda Bolong pada tanah gambut dengan derajat keasaman sekitar 5,5 hingga 7,0 pH. Ganti tanah tersebut setipa satu tahun sekali.
  2. Letakkan Janda Bolong di dekat jendela. Hindari paparan matahari secara langsung dalam waktu lama yang dapat membakar daun tanaman ini.
  3. Siram tanaman Janda Bolong ini secara teratur. Pastikan tanahnya lembab dan Jangan biarkan tanahnya mengering maupun tergenang air.
  4. Letakkan pada tempat bersuhu 18 hingga 27 derajat celcius. Suhu yang rendah dapat menyebabkan tanaman ini layu dan mati.
  5. Berikan pupuk khusus tanaman hias dan perhatikan petunjuk penggunaannya pada kemasan, terutama jika daun tanaman ini telah menguning.

Jika anda ingin memperbanyak tanaman ini, anda dapat mencoba melakukan stek batang. Proses ini juga dapat disebut dengan triming atau pemangkasan. Teknik ini dapat mempercepat pertumbuhan tanaman Janda Bolong.

Halaman:

Editor: Iman Fakhrudin


Tags

Artikel Pilihan

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x