Jadwal dan Cara Nonton Festival Lampion Hari Waisak di Borobudur, Apakah Gratis dan Berapa Harga Tiket?

- 16 Mei 2022, 15:06 WIB
Ilustrasi festival lampion Hari Waisak di Candi Borobudur 16 Mei 2022.
Ilustrasi festival lampion Hari Waisak di Candi Borobudur 16 Mei 2022. /PIXABAY/StockSnap

BERITA DIY - Simak jadwal dan cara nonton festival lampion Hari Waisak di Candi Borobudur, apakah gratis dan berapa harga tiket.

Hari Waisak jatuh pada hari ini, Senin 16 Mei 2022 yang ditetapkan sebagai hari libur Nasional atau tanggal merah. Ada acara yang ditunggu-tunggu oleh masyarakat, yaitu festival lampion di Candi Borobudur, Kabupaten Magelang, Jawa Tengah.

Masyarakat umum pun antusias dengan festival lampion yang rutin digelar setiap Hari Waisak di Candi Borobudur sebelum pandemi. Tanggal 16 Mei 2022 kembali dilaksanakan.

Baca Juga: 16 Mei 2022 Hari Apa? Sejarah Hari Waisak dan 20 Link Download Twibbon Peringatan Vesak Day

Sebagai informasi Hari Wiasak 2566 BE adalah momen memperingati tiga kejadian penting bagi agama Buddha, yaitu kelahiran, penerangan sempurna menjadi Buddha, dan saat Buddha menutup usia.

Terdapat rangkaian acara Hari Waisak yang dimulai sejak Sabtu, 7 Mei 2022 di mana Karya Bakti di TMP dilaksanakan di seluruh Indonesia.

Lebih lanjut, prosesi pemotongan tumpeng Hari Waisak telah dilaksanakan pada Sabtu, 14 Mei 2022 dilanjutkan dengan pemberian bantuan sembako di Candi Borobudur.

Baca Juga: Kumpulan Ucapan Hari Raya Waisak 2022 Penuh Doa dan Harapan Menyentuh Hati Cocok untuk Status WA, FB dan IG

Pada hari yang sama, umat Buddha mengambil api alam dari Mrapen, Grobogan dan disakralkan di Candi Mendut serta pembagian paket sembako di Mrapen, Grobogan.

Satu haru setelahnya yaitu Minggu, 15 Mei 2022, pengambilan air berkah dari Umbul Jumprit di Temanggung dilakukan sekaligus disakralkan di Candi Mendut. Tak ketinggalan pembagian sembako di wilayah itu.

Halaman:

Editor: Inayah Bastin Al Hakim


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x