Isi Baterai 4.200 mAh Hanya Butuh 15 Menit, Ini Teknologi Terbaru Qualcomm

- 29 Juli 2020, 16:57 WIB
Quick Charge 5 dari Qualcomm
Quick Charge 5 dari Qualcomm /Qualcomm dari The Verge

BERITA DIY  - Qualcomm memperkenalkan standar pengisian cepat terbaru yaitu Quick Charge 5. Pengisian ini mendukung kecepatan 100 Watt, sehingga mampu mengisi baterai 4.200 mAh perangkat hingga 50 persen hanya dalam waktu 5 menit. Untuk mengisi baterai dengan penuh, Quick Charge 5 hanya butuh waktu 15 menit.

Quick Charge 5 diperlukan untuk mendukung tegangan output antara 3,3 dan 20 Volt minimum, dengan arus 3,3 atau 5 Ampere atau (untuk unit yang lebih besar) 5+ Ampere.

Dalam beberapa tahun Qualcomm telah memperkenalkan standar pengisian cepat, terakhir kali Quick Charge 4 tapi juga memiliki versi yang disempurnakan menjadi Quick Charge 4+.

Dikutip Pikiran-rakyat.com dari The Verge, Quick Charge 5 menjadi lompatan terbesar bagi perusahaan. Menurut Qualcomm, QC5 memiliki tingkat efisien hingga 70 persen dibanding QC4 Quick Charge 5 sebenarnya memanfaatkan standar Power Supply Programmable Power Supply (PD-PPS) USB yang ada dan subset dari spesifikasi USB-C PD, ini memungkinkan kontrol yang lebih besar lagi terhadap tegangan dan level saat ini selama proses pengisian.

Keuntungannya adalah Quick Charge 5 secara teori charger USB PD-PPS apa pun harus dapat mengisi daya perangkat dengan kecepatan penuh.

Perubahan kunci lainnya di Quick Charge 5 yaitu kini mendukung sistem baterai 2S untuk dua sel baterai yang dihubungkan secara seri, yang memungkinkan untuk menggandakan tegangan pengisian. Pada akhirnya tegangan ini meningkatkan kecepatan pengisian daya. Meskipun ada penambahan kecepatan dalam pengisian daya, Quick Charge 5 masih kompatibel dengan perangkat yang lebih lama.

Qualcomm sudah menjadi salah satu pemasok prosesor, modem terbesar, dan perusahaan menggunakan solusi pengisian daya perusahaan ini untuk kompatibilitas yang mudah dengan produk-produk yang ada.

Artinya Quick Charge 5 kemungkinan akan mulai bermunculan di banyak ponsel ketika perangkat pertama mulai dikirim dalam kuartal ketiga 2020.

Editor: MR Firmansyah

Sumber: Pikiran Rakyat The Verge


Tags

Artikel Pilihan

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x