19 Aplikasi Android yang Sebaiknya Segera Anda Hapus

- 29 Juli 2020, 16:55 WIB
Ilustrasi smartphone Android
Ilustrasi smartphone Android /Pixabay/Pexels

BERITA DIY  - Peneliti keamanan kembali menemukan aplikasi malware yang berbahaya bagi pengguna perangkat Android. Para peneliti keamanan dari White Ops Satori Threat Intelligence and Research Team memperingatkan sekitar 19 aplikasi dapat membombardir smartphone dengan iklan yang menjengkelkan.

"White Ops menjuluki penyelidikan ini sebagai 'Charteuseblur': sebagian besar aplikasi menyertakan kata 'blur' dalam nama paket mereka, dan banyak yang mengaku sebagai editor foto yang memungkinkan pengguna untuk mengaburkan bagian gambar," tulis peneliti keamanan di dalam blognya, seperti dikutip Pikiran-Rakyat.com dari Mirror.

White Ops juga melaporkan aplikasi-aplikasi ini menghapus ikonnya setelah pengguna menginstal. Dengan menghilangkan ikon tersebut, pengguna menjadi kesulitan menghapus aplikasi.

Setelah menginstal aplikasi, pengguna akan disuguhi banyak iklan yang mengganggu.

Peneliti menyebut ketika pengguna membuka layar kunci ponselnya, iklan yang mengganggu langsung muncul dengan rentang waktu hanya beberapa detik saja.

Selain itu, iklan juga muncul ketika pengguna mulai mengisi baterai atau beralih dari data seluler ke WiFi.

Untungnya, Google sekarang telah menghapus aplikasi dari Google Play Store. Namun, jika masih ada pengguna memiliki aplikasi yang terinstal, disarankan untuk segera menghapusnya.

Berikut ini 19 aplikasi Android berbahaya yang dapat memunculkan iklan mengganggu:

1. Auto Picture Cut

2. Color Call Flash

Halaman:

Editor: MR Firmansyah

Sumber: Mirror Pikiran Rakyat


Tags

Artikel Pilihan

Terkini

Terpopuler

Pemilu di Daerah

x