Apa Itu OpenAI Chat, Ini 6 Fungsi ChatGPT Bing Microsoft Saingan Google

- 19 Februari 2023, 12:37 WIB
Ringkasan singkat mengenal apa itu chat OpenAI dan 6 fungsi ChatGPT Bing yang dikembangkan oleh Microsoft dengan program AI yang sempat viral pada awal 2023 ini.
Ringkasan singkat mengenal apa itu chat OpenAI dan 6 fungsi ChatGPT Bing yang dikembangkan oleh Microsoft dengan program AI yang sempat viral pada awal 2023 ini. /Ilustrasi FREEPIK/rawpixel.com

BERITA DIY - Yuk mengenal apa itu chat OpenAI dan 6 fungsi ChatGPT Bing yang dikembangkan oleh Microsoft dengan program artificial intelligence (AI) berbasis pemodelan bahasa (language model) saingan Google.

OpenAI adalah perusahaan yang mengembangkan ChatGPT. Kini, program AI tersebut digunakan aplikasi mesin pencarian bernama Bing yang berasal dari Microsoft.

ChatGPT dirilis pada 30 November 2022 oleh OpenAI dengan investor Microsoft dengan kucuran dana sebanyak 10 miliar dollar AS (sekitar Rp 151 triliun).

 

Dengan ChatGPT dari OpenAI, Microsoft mempunyai tujuan agar kemampuan mesin pencarian Bing serta produk Microsoft Office lainnya bisa lebih dekat dengan penggunaan dengan pemodelan bahasa semantik.

Baca Juga: Insipirasi Google Doodle Hari Ini, 3 Cara Membuat Desain Kartu Ucapan Selamat Tahun Baru 2023 Lewat HP

Kekinian, OpenAI dalam tahap pengembangan ChatGPT agar lebih relevan serta tidak bias dalam pencarian solusi. Kendati demikian Sam Altman (CEO OpenAI sekarang) menyatakan pengguna tidak boleh 100 persen bergantung dengan ChatGPT.

Dikutip dari The Washington Post, OpenAI didirikan oleh tokoh teknologi di Silicon Valley seperti Elon Musk, Peter Tiel (pemodal ventura), Reid Hoffman (pendiri LinkedIn), dan Sam Altman untuk melawan dominasi pengetahuan AI dan monopoli keuntungan atasnya dari perusahaan raksasa semacam Google.

Halaman:

Editor: Arfrian Rahmanta

Sumber: The Washington Post


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x