Cara Mengembalikan Barang yang Tidak Sesuai Saat Belanja di Shopee Secara Aman, Cepat, dan Anti Ribet

- 22 Juli 2022, 18:43 WIB
Ilustrasi - cara mudah mengembalikan barang saat belanja di aplikasi Shopee secara aman, cepat, dan anti ribet.
Ilustrasi - cara mudah mengembalikan barang saat belanja di aplikasi Shopee secara aman, cepat, dan anti ribet. /PIXABAY/@200gegrees

BERITA DIY – Berikut merupakan informasi mengenai cara mudah mengembalikan barang saat belanja di Shopee secara aman, cepat, dan anti ribet.

Shopee merupakan sebuah platform yang disesuaikan untuk tiap wilayah dan menyediakan pengalaman berbelanja online yang mudah, aman, dan cepat bagi pelanggan melalui dukungan pembayaran dan logistik yang kuat.

Memang kadang kala ketika membeli barang secara online khususnya di marketplace seperti Shopee, barang yang dipesan tidak sesuai dengan pesanan atau dalam keadaan rusak.  Oleh karenanya, cara retur mengembalikan di Shopee yang sudah diterima kerap dicari oleh beberapa orang.

Namun juga perlu diingat, pengajuan pengembalian barang hanya dapat dilakukan jika pengguna Shopee belum memilih "Pesanan Diterima" di halaman "Rincian Pesanan".

Baca Juga: Tabungan Emas di Shopee: Cara Investasi, Syarat, Keuntungan, dan Kekurangan Membuka Tabungan Emas di Shopee

Setelah memilih Pesanan Diterima, garansi Shopee untuk pesanan akan dihentikan dan pembayaran akan dilepaskan ke Penjual.

Oleh sebab itu, penting untuk memastikan bahwa Anda telah menerima pesanan Anda dalam kondisi baik sebelum klik Pesanan Diterima.

Simak syarat pengembalian barang di Shopee berikut ini:

  1. Semua toko selain Shopee Mall
  2. Dana akan tertahan di Shopee ketika pembeli mengajukan klaim menerima barang dalam kondisi yang berbeda. Contohnya, barang yang dikirimkan salah, tidak berfungsi dengan baik atau rusak, tidak asli/orisinil, barang berbeda dengan foto atau deskripsi yang tertera di etalase toko.
  3. Pembeli harus memperlihatkan bukti foto dan atau video yang menunjukkan dengan jelas alasan pengembalian. Permasalahan akan ditindaklanjuti jika penjual tidak setuju atau melakukan penolakan dan mengajukan bantuan ke Shopee.
  4. Tim Shopee akan mengumpulkan bukti yang diperlukan dari pembeli, yang mencakup foto dan atau video yang menunjukkan kesalahan atau kerusakan barang, serta foto kemasan barang dengan resi yang menempel di kemasan.
  5. Shopee Mall
  6. Dana akan tertahan di Shopee ketika pembeli mengajukan pengembalian barang dengan alasan menerima barang dalam kondisi yang berbeda. Pembeli dapat mengembalikan barang maksimal 5 hari setelah pengajuan disetujui.
  7. Tim Shopee akan melakukan proses pengecekan barang terlebih dahulu selama 3-5 hari kerja sejak barang dikembalikan ke gudang Shopee.
  8. Pembeli harus memperlihatkan bukti foto dan atau video yang menunjukkan dengan jelas alasan pengembalian.

Baca Juga: Cara Mengaktifkan Shopee PayLater, Lengkap dengan Syarat, Keuntungan dan Jenis-Jenis PayLater di Indonesia

Halaman:

Editor: Iman Fakhrudin


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x