Perbedaan WhatsApp Web dan WhatsApp Desktop, Mana yang Paling Mudah?

- 11 Mei 2022, 11:09 WIB
Perbedaan WhatsApp web dan WhatsApp desktop, mana yang paling mudah?
Perbedaan WhatsApp web dan WhatsApp desktop, mana yang paling mudah? /PIXABAY/Simon
BERITA DIY- Berikut ini adalah perbedaan dalam menggunakan WhatsApp web dan WhatsApp desktop. Simak selengkapnya untuk penggunaan dua platform tersebut melalui perangkat komputer. 
 
WhatsApp adalah salah satu platform yang menyediakan fitur untuk melakukan komunikasi secara langsung dan hanya dapat diakses menggunakan jaringan internet. Selain berbasis smartphone, WhatsApp juga memiliki fitur untuk dapat difungsikan pada perangkat komputer.
 
Ada dua pilihan untuk menggunakan platform tersebut yakni WhatsApp web dan WhatsApp desktop. Sebenarnya kedua pilihan tersebut memiliki fungsi yang sama, hanya saja ada beberapa perbedaan di antara kedua cara pemakaian WhatsApp pada perangkat komputer. 
 
 
Perbedaan paling menonjol dari kedua cara pemakaian platform WhatsApp yakni penggunaan WhatsApp web memerlukan scan QR code secara berkala sesuai dengan penggunaan. Sedangkan WhatsApp desktop hanya membutuhkan sekali scan QR code tanpa perlu mengulang hal tersebut apabila hendak menggunakan kembali.
 
WhatsApp web dirancang untuk digunakan apabila perangkat komputer memiliki keterbatasan memori ram sehingga tidak dapat melakukan instalasi aplikasi. Untuk mengangkses platform tersebut cukup melalui google dan kemudian melakukan pemindaian QR code.
 
Berikut merupakan langkah dalam penggunaan WhatsApp web pada perangkat komputer : 
 
 
 1. Buka mesin pencarian lalu masukkan kata kunci https://web.whatsapp.com.
 
 2. Tautan WhatsApp yang terdaftar pada smartphone Anda dengan cara buka aplikasi WhatsApp, klik titik tiga pada pojok kanan atas, lalu klik perangkat tertaut.
 
 3. Pindai QR code yang berada pada perangkat komputer Anda dengan WhatsApp yang terdaftar pada smartphone Anda.
 
 5. Tunggu hingga proses pemindaian selesai dilakukan. 
 
 
Berbeda dengan WhatsApp desktop yang tentunya membutuhkan ruang internal perangkat komputer karena diharuskan untuk melakukan instalasi aplikasi. Penggunaan aplikasi tersebut hanya dapat dilakukan setelah mengunduh aplikasi WhatsApp desktop.
 
Berikut merupakan langkah dalam penggunaan WhatsApp desktop pada perangkat komputer:
 
 1. Akses laman berikut ini: www.whatsapp.com/download/.
 
 2. Kemudian klik unduh file .exe atau .dmg. 
 
3. Apabila telah terunduh, buka file .exe atau .dmg tersebut kemudian ikuti petunjuk pemasangan yang tercantum.
 
 
 4. Buka aplikasi WhatsApp pada smartphone, lalu klik tiga titik pada pojok kanan atas, lalu klik perangkat tertaut. 
 
5. Scan QR code yang tertera pada WhatsApp desktop melalui smartphone, tunggu hingga proses selesai, dan WhatsApp desktop siap digunakan. 
 
Kemudahan platform WhatsApp tentu disesuaikan dengan kapasitas internal perangkat komputer. Hal tersebut dilakukan agar komputer tidak terbebani apabila dilakukan pemasangan aplikasi WhatsApp desktop.
 
 
Demikian informasi mengenai perbedaan penggunaan WhatsApp web dan WhatsApp desktop pada perangkat komputer. Simak selengkapnya mana penggunaan yang lebih mudah di antara kedua cara pemakaian platform tersebut.***
 

Editor: Arfrian Rahmanta


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Pemilu di Daerah

x