Cara Menghubungkan Kamera HP ke Laptop untuk Zoom dan Google Meet Bagi Pengguna Android dan iPhone

- 29 Maret 2022, 12:35 WIB
Ilustrasi - Zoom dan Google Meet menjadi aktivitas baru dan membuat banyak orang mencari cara agar proses zoom meeting mereka bisa menghasilkan gambar yang jernih.
Ilustrasi - Zoom dan Google Meet menjadi aktivitas baru dan membuat banyak orang mencari cara agar proses zoom meeting mereka bisa menghasilkan gambar yang jernih. /PIXABAY/@as_appendorf
BERITA DIY – Berikut merupakan cara menghubungkan kamera HP ke laptop untuk Zoom dan Google Meet bagi Pengguna Android dan iPhone.
 
Sejak merebaknya COVID-19 di Indonesia, seluruh kegiatan sehari-hari yang dilakukan memiliki batasan dan aturan yang harus dipatuhi.
 
Akibatnya, seluruh perkantoran dan sekolah baik negeri dan swasta menerapkan skema bekerja dari rumah (Work From Home). Hal tersebut merupakan kebijakan pemerintah sebagai upaya pencegahan COVID-19. 
 
 
Tentunya, bekerja dan belajar dari rumah membutuhkan komunikasi dengan tim dan rekan-rekan melalui Zoom Meeting atau Google Meet.
 
Zoom dan Google Meet menjadi aktivitas baru dan membuat banyak orang mencari cara agar proses zoom meeting mereka bisa menghasilkan gambar yang jernih.
 
Salah satu cara yang bisa digunakan adalah dengan memanfaatkan kamera HP. Namun, belum banyak yang tahu bagaimana cara menghubungkan kamera HP ke laptop sebagai webcam.
 
 
Berikut cara menghubungkan kamera HP ke laptop untuk Zoom dan Google Meet bagi Pengguna Android dan iPhone.
 
1. Kamera HP Android
 
Anda perlu mengubah pengaturan di laptop agar dapat disambungkan dengan kamera HP sebelum memulai Zoom dan Google Meet. Berikut langkah-langkahnya:
 
• Unduh aplikasi webcam di Google Play Store. Banyak orang yang menggunakan aplikasi DroidCam karena mudah digunakan. 
 
 
• Setelah selesai mengunduh dan instal, koneksikan ke jaringan WiFi yang sama. Artinya, smartphone dan laptop kamu harus dalam jaringan WiFi yang sama.
 
• Lalu hubungkan IP address dan pastikan smartphone Anda terhubung dengan kabel USB di laptop.
 
• Gunakan kamera utama atau belakang serta atur pencahayaan dan stabilkan smartphone menggunakan mini-tripod. 
 
 
• Untuk menambah kualitas audio, disarankan menggunakan mikrofon.
 
2. Kamera HP iPhone
 
Jika Anda adalah pengguna iPhone, aplikasi untuk mengubah kamera HP sebagai webcam laptop adalah EpocCam. Berikut adalah cara menggunakannya:
 
1. Pertama, pastikan ponsel dan laptop yang Anda pakai berada di jaringan Wi-Fi yang sama. Kemudian, unduh aplikasi EpocCam di perangkat iOS dan Windows atau MacOS.
 
2. Saat instal aplikasi tersebut dijalankan, Anda akan diminta untuk meng-instal beberapa driver audio dan video yang memungkinkan aplikasi bertindak sebagai webcam.
 
 
3. Jika berhasil, jalankan EpocCam di iPhone dan laptop Anda. Lalu, aplikasi tersebut secara otomatis akan mencari perangkat lain yang menjalankan EpocCam di jaringan Wi-Fi yang sama.
 
4. Video dari iPhone akan secara otomatis muncul di laptop Anda. Aplikasi tersebut memungkinkan Anda untuk menggunakan satu perangkat sebagai kamera dalam satu waktu.
 
Demikianlah cara menghubungkan kamera HP ke laptop untuk Zoom dan Google Meet bagi Pengguna Android dan iPhone.***

Editor: Aziz Abdillah


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x