Apa Itu Firewall? Pengertian, Fungsi, dan Cara Kerja Firewall untuk Jaringan Komputer

- 3 Maret 2022, 21:03 WIB
Pengertian dari Firewall, fungsi, dan cara kerja di jaringan komputer.
Pengertian dari Firewall, fungsi, dan cara kerja di jaringan komputer. /PIXABAY/Clker-Free-Vector-Images

BERITA DIY - Inilah pengertian dari apa itu Firewall beserta penjelasan mengenai fungsi dan cara kerja Firewall untuk jaringan komputer.

Term Firewall mungkin sering terdengar dalam pembahasan sistem komputer. Sebab keberadaan Firewall ini erat kaitannya dengan keamanan perangkat komputer.

Semakin berkembangnya teknologi dan kian termutakhirkannya sistem perangkat komputer, dibutuhkan sebuah tembok perlindungan dari segala macam trouble.

Baca Juga: Apa Itu Hemodialisia? Metode Cuci Darah dengan Alat Canggih, Berikut Cara Kerjanya

Baca Juga: Apa Itu Pawai Ogoh-Ogoh? Sejarah dan Makna Ogoh-Ogoh bagi Umat Hindu yang Menjadi Tradisi Masyarakat Bali

Baca Juga: Apa Itu Ogoh-ogoh Dalam Tradisi Hari Raya Nyepi di Bali Berikut Arti dan Fungsinya

Nah, Firewall ini adalah salah satu solusi efektif untuk melindungi sistem kemanan pada perangkat komputer agar data pengguna aman terlidungi.

Definisi sederhananya, firewall merupakan sistem keamanan pada jaringan komputer yang tugasnya melindungi komputer dari serangan malware, virus, dan jenis serangan lainnya dari luar yang punya potensi membahayakan pengguna.

Dalam sistem operasi khususnya Windows, Firewall memiliki icon khas yang mudah dikenal dan diingat berupa tembok bata merah dengan api.

Firewall dalam sistem operasi komputer ini hadir untuk memantau dan mengontrol seluruh akses yang masuk dan keluar melalu koneksi jaringan sesuai dengan aturan default.

Halaman:

Editor: Muhammad Suria


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x