Viral Upload Data Pribadi di Instagram Stories, SAFEnet: Waspada Modus Penipuan Profiling Rekening

- 23 November 2021, 16:14 WIB
Tantangan unggah data pribadi melalui Instagram Stories ternyata bisa dijadikan modus penipuan hingga profiling rekening bank, ini penjelasan SAFEnet.
Tantangan unggah data pribadi melalui Instagram Stories ternyata bisa dijadikan modus penipuan hingga profiling rekening bank, ini penjelasan SAFEnet. /Twitter.com/@elvaraika_

BERITA DIY - Tren upload atau unggah data pribadi melalui Instagram Stories ternyata bisa dijadikan modus penipuan hingga profiling rekening bank, ini penjelasan SAFEnet.

Tantangan yang viral di Instagram Stories seperti mengumbar nama panggilan, ibu kandung, alamat rumah, nomor handphone, selfie dengan KTP hingga gambar Kartu Keluarga dikhawatirkan bisa jadi modus penipuan baru.

Modus penipuan dan agar lebih berhati-hati dengan data privasi di media sosial, dalam hal ini di Instagram Stories, yang ditekankan oleh Southeast Asia Freedom of Expression Network (SAFEnet), sebuah badan hukum yang memperjuangkan hak-hak digital masyarakat umum.

Baca Juga: Cara Download Lagu MP3 dari YouTube Pakai Savefrom.net: Instagram, Facebook, dan TikTok Juga Bisa!

SAFEnet menyebut jika tren tantangan yang mengumbar data pribadi semisal nama panggilan saja bisa menimbulkan modus penipuan yang disebut social engineering (rekayasa sosial) dan profiling.

Dalam penjelasan SAFEnet, Social Engineering alias rekayasa sosial adalah teknik manipulasi psikologi agar individu atau grup, mau melakukan sesuatu atau menyerahkan informasi tertentu seperti data pribadi secara sukarela.

Social Engineering biasa terjadi dengan mempertimbangkan kondisi seseorang yang tidak sadar penuh (seperti mengantuk atau capek), emosi berlebihan (marah atau panik), hingga tidak paham konsekuensinya.

"Seperti mengikuti tantangan atau ajakan di media sosial yang terdengar sepele dan tidak berbahaya," tulis SAFEnet dalam akun Instagram resmi mereka @safenetvoice pada 23 November 2021.

Baca Juga: Download Foto dan Video dari Fitur Instagram: Stories dan Reels, Tak Perlu Pakai Aplikasi

Halaman:

Editor: Arfrian Rahmanta


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x