2 Cara Lacak Lokasi Seseorang Pakai Aplikasi WhatsApp: Fitur Berbagi Tempat dan CMD Windows

- 14 Oktober 2021, 15:30 WIB
Cara lacak lokasi pacar dari WhatsApp melalui fitur aplikasi langsung atau dengan pihak ketiga yakni command prompt di Windows.
Cara lacak lokasi pacar dari WhatsApp melalui fitur aplikasi langsung atau dengan pihak ketiga yakni command prompt di Windows. /PEXELS/RODNAE Productio

BERITA DIY - Terkadang, kebutuhan melacak posisi seseorang dibutuhkan sebagai solusi seseorang yang tersesat. WhatsApp kini punya fitur berbagi lokasi atau dengan memakai CMD di versi web.

Adapun CMD adalah command prompt yang merupakan fitur perangkat laptop yang punya sistem operasi Windows. WhatsApp sendiri punya fitur langsung lacak lokasi dengan maps yang telah disediakan.

Dengan menggunakan fitur berbagai lokasi dari WhatsApp, pengguna dapat mengirimkan lokasi mereka saat ini kepada teman, keluarga, atau kolega.

Baca Juga: Tanda Lulus Seleksi PPPK Guru 2021: Lewat Laman Resmi dan WhatsApp, Simak Jadwal Pendaftaran Tahap II

Cara cek lokasi pakai fitur berbagi WhatsApp

Dalam fitur berbagai lokasi, ada batas waktu yang bisa diatur sedemikian rupa dari 15 menit, 1 jam hingga 8 jam. Begini caranya:

  • Buka aplikasi WhatsApp;
  • Pilih kontak yang akan Anda kirim lokasi Pilih lampiran atau tanda penjepit kertas di sebelah kiri bawah, samping emoticon WhatsApp;
  • Setelah itu pilih lokasi atau tanda maps kemudian "Bagikan lokasi terkini";
  • Anda akan melihat peringatan yang memberitahu Anda bahwa semua peserta akan melihat lokasi;
  • Atur durasi berbagi lokasi langsung menjadi 15 menit, 1 jam atau 8 jam lalu ketuk tombol "kirim";
  • Lokasi Terkini yang dikirimkan oleh pengguna WhatsApp akan real time sesuai dengan pergerakan si pengirim;
  • Lalu, usai batas waktu yang dipilih habis, berbagi informasi live location dengan orang lain akan berhenti secara otomatis.

Baca Juga: 6 Cara Cek NIK EKTP Secara Online, Pakai WhatsApp dan Tanpa Perlu Ke Dukcapil

User WhatsApp pun bisa menghentikan berbagi lokasi secara manual kapan saja dengan membuka obrolan yang sama, kemudian mengetuk "Berhenti berbagi" dan kemudian "Berhenti berbagi" sekali lagi.

Tetapi metode ini hanya akan bekerja secara efisien jika orang lain tidak menolak permintaan penarikan fitur berbagi lokasi tersebut.

Halaman:

Editor: Arfrian Rahmanta


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x