Penyebab dan Cara Mengatasi NIK Tidak Valid di PeduliLindungi, Lengkap Nomor Call Center Kominfo dan Dukcapil

- 7 Oktober 2021, 14:39 WIB
ILUSTRASI - Simak penyebab dan cara mengatasi apabila NIK tidak terdaftar di PeduliLindungi.
ILUSTRASI - Simak penyebab dan cara mengatasi apabila NIK tidak terdaftar di PeduliLindungi. /Tangkap layar: pedulilindungi.id

BERITA DIY - Website atau aplikasi PeduliLindungi belakangan menjadi platform wajib yang ada di smartphone masyarakat lantaran berisi informasi kesehatan Covid-19.

Tetapi, penggunaan PeduliLindungi tidak selalu berjalan lancar. Simak penyebab dan cara mengatasi NIK yang tidak valid ketika mengakses laman atau aplikasi tersebut.

Dilansir dari laman pedulilindungi.id, aplikasi PeduliLindungi dikembangkan oleh pemerintah untuk membantu instansi terkait guna melacak dan menghentikan penyebaran virus corona.

Baca Juga: Sekarang Naik KRL Tak Lagi Pakai Syarat Dokumen STRP,Bawa Sertifikat Vaksin dan Unduh Aplikasi Peduli Lindungi

Tak hanya pemerintah yang berperan, namun keberhasilan efektivitas PeduliLindungi justru datang dari partisipasi masyarakat melalui pembagian lokasi supaya penelusuran riwayat kontak dengan penderita virus corona dapat terdeteksi.

Selain itu, aplikasi PeduliLindungi memungkinkan pengguna untuk mendapat pemberitahuan apabila berada di tempat keramaian atau zona merah corona virus disease.

Terlebih, platform yang dikembangkan oleh Kominfo tersebut memfasilitasi masyarakat untuk mendaftar vaksin secara online serta mengunduh sertifikat vaksin bagi yang telah melakukan vaksinasi dosis pertama maupun dosis kedua.

Baca Juga: Syarat Naik MRT DKI Jakarta dan Panduan Cara Scan QR Code Sertifikat Vaksin di Aplikasi Peduli Lindungi

Belakangan ini, beberapa tempat umum seperti mall atau pusat perbelanjaan mengharuskan calon pengunjung untuk melakukan scan QR Code PeduliLindungi.

Label warna yang muncul apakah itu merah, kuning, dan hijau, menentukan individu boleh atau tidak boleh masuk ke dalam sebuah gedung.

Halaman:

Editor: Inayah Bastin Al Hakim


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x