Profil Khabib Nurmagomedov, Pegulat Muslim Asal Rusia

- 25 Oktober 2020, 12:05 WIB
Profil Khabib Nurmagomedov
Profil Khabib Nurmagomedov /instagram.com/@khabib_nurmagomedov

BERITA DIY - Khabib Nurmagomedov meupakan seorang petarung muslim pertama yang berhasil menjuarai UFC. Pegulat yang memulai debut di usia muda ini memiliki segudang prestasi. Berikut profil lengkap Khabib Nurmagomedov yang perlu anda ketahui.

Khabib Nurmagomedov lahir di Sildi, Distrik Tsumadinsky, Dagestan, Rusia pada 20 September 1988. Pria berkewarganegaraan Rusia ini memiliki nama lengkap Khabib Abdulmanapovich Nurmagomedov dan beragama islam.

Khabib merupakan anak kedua dari tiga bersaudara, kakak laki-lakinya bernama Magomed dan adik perempuannya bernama Amina. Selain itu, pria yang saat ini berusia 32 tahun ini telah berkeluarga dan memiliki dua orang anak.

Baca Juga: Profil Chef Juna, Dulu Cita-Cita Jadi Pilot Penerbang Sekarang Jadi Koki Tersohor Tanah Air

Khabib telah menyelesaikan pendidikan di Sekolah Tinggi Keuangan dan Ekonomi Makhachkala dan melanjutkan pendidikan di Universitas Ekonomi Rusia Plekhanov. Ia juga mengusai lima bahasa yaitu bahasa Kumyk, Avar, Rusiam Turki dan Inggris.

Khabib dikenal sebagai pegulat profesional, Ia memulai mempelajari seni bela diri sejak kecil karena lingkungan keluarganya yang sangat menyukai seni bela diri. Ayahnya sendirilah, Abdulmanap Nurmagomedov yang melatihnya hingga ia menguasai seni bela diri Judo dan Sambo.

Prestasi yang diraih oleh Khabib sangatlah banyak. Ia memulai debutnya di Mixed Martial Arts (MMA) pada tahun 2008 saat usianya masih 23 tahun dan mendapat julukan The Eagel karena prestasinya yang gemilang.

Baca Juga: Profil Chef Ragil Imam Wibowo, Tamu Master Chef Indonesia yang Juga Host Mukbang ANTV

Pada tahun 2019 ia meraih rekor sebagai pertarung MMA sebanyak 28-0 dan UFC sebanyak 12-0. Sepanjang kariernya sebagai pegulat, ia telah menaklukkan lawannya di ring pertandingan. Mulai dari Kamal Shalorus dan Gleison Tibau pada tahun 2012. Thiago Alvares, Abel Trujillo dan Pat Healy pada tahun 2013. Selain itu, pada tahun 2014 ia juga berhasil mengalahkan Rafael dos Anjos.

Halaman:

Editor: Iman Fakhrudin


Tags

Artikel Pilihan

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x