Tips Berolahraga Aman di Masa Pandemi Covid-19

- 8 Agustus 2020, 23:34 WIB
Olahraga bersepeda meruapakan salah satu olahraga yang paling diminati
Olahraga bersepeda meruapakan salah satu olahraga yang paling diminati /blibli.com

Berita DIY - Berolahraga secara rutin merupakan salah satu anjuran untuk menjaga kesehatan tubuh. Selain menjaga kesehatan tubuh, berolahraga juga dapat meningkatkan daya ingat, mencegah depresi, mencegah kanker usus besar dan payudara, serta dapat memperlambat laju penuaan.

Berolahraga disarankan pada pagi hari dan dilakukan di luar rumah atau di tempat terbuka. Hal ini dimaksudkan agar tubuh kita dapat terpapar sinar matahari pagi yang menyehatkan dan udara pagi yang belum tercemar oleh polusi. Berolahraga di luar rumah juga lebih bernilai rekreatif agar kita tidak mudah terkena stress.

Pandemi Covid-19 menyebabkan aktivitas di luar rumah masyarakat menjadi berkurang. Melihat kondisi dan situasi tersebut, apakah berolahraga di luar rumah aman? Tentu, dengan tetap memperhatikan hal-hal di bawah ini:

Baca Juga: Pembelajaran Tatap Muka di Zona Hijau dan Kuning Bersifat Opsional, Wali Murid Bisa Menolak

1. Menggunakan masker

Berolahraga di luar rumah selama pandemi Covid-19 dapat dilakukan dengan catatan mematuhi protokol kesehatan yang dianjurkan salah satunya adalah mengenakan masker. Menggunakan masker dapat mencegah penularan Covid-19 ketika berada di tempat-tempat umum.

2. Menjaga jarak aman atau Physical distancing

Protokol kesehatan lainnya selain menggunakan masker adalah dengan menjaga jarak aman atau physical distancing. Jarak aman yang dianjurkan yakni minimal 1,5 meter. Penularan Covid-19 dapat melalui percikan atau droplet dari mulut atau hidung saat seseorang batuk, bersin dan berbicara. Jarak 1,5 meter disinyalir telah efektif untuk mencegah penularan melalui percikan atau droplet.

Baca Juga: Turunkan Berat Badan Lewat Olahraga Bersepeda, Perhatikan 3 Hal Ini

Halaman:

Editor: Nia Sari

Sumber: Instagram @bpptkg Kemenkes RI


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x