Apa Itu Plusvalenza, Alasan Juventus Dikurangi 15 Poin di Serie A Liga Italia 2023

- 24 Januari 2023, 11:38 WIB
Info apa itu plusvalenza alasan Juventus dikurangi 15 poin di Serie A Liga Italia 2023 kali ini. Dan, apa perbedaaan plusvalenza dengan calciopoli.
Info apa itu plusvalenza alasan Juventus dikurangi 15 poin di Serie A Liga Italia 2023 kali ini. Dan, apa perbedaaan plusvalenza dengan calciopoli. /PIXABAY/jorono

BERITA DIY - Mengenal apa itu plusvalenza alasan Juventus dikurangi 15 poin di Serie A Liga Italia 2023 kali ini. Dan, apa perbedaaan plusvalenza dengan calciopoli.

Setelah calciopoli yang terjadi pada tahun 2006, di Serie A Liga Italia 2023 ini Juventus lakukan skandal plusvalenza yang membuat Si Nyonya Tua mendapat hukuman pengurangan 15 poin.

Lantas, apa perbedaan calciopoli dengan plusvalenza yang diterima Juventus dalam kurun waktu 17 tahun di Liga Italia?

Dikutip dari Al Jazeera, calciopoli adalah skandal pengaturan skor yang dilakukan oleh sejumlah tim termasuk Juventus yang membuat klub asal Turin mendapat hukuman turun kasta ke Serie B Liga Italia.

Baca Juga: Penyebab Juventus Kena Sanksi 15 Poin Ternyata Ini, Jadi Turun ke Peringkat Berapa?

Menurut Federasi Sepakbola Italia (FIGC), plusvalenza adalah keuntungan modal yang didapat dari klub sepak bola dengan memalsukan laporan keuangan mereka serta adanya pemalsuan aspek finansial lain yang berkaitan dengan aktivitas transfer pemain.

Oleh karena adanya dugaan plusvalenza, FIGC menghukum Juventus dengan pengurangan hingga 15 poin di klasemen Liga Italia musim 2022-2023.

Dengan adanya hukuman atas tindak terlarang plusvalenza, Juventus diyakini sudah tidak merengkuh gelas scudetto Liga Italia 2023.

Kini, Juventus masuk papan tengah klasemen Serie A dengan 23 poin (termasuk hasil imbang dengan Atalanta 3-3, terpaut 27 angka dari pemuncak Napoli. Sebelum hukuman, Juve ada di peringkat ketiga dan hanya terpaut 10 poin dari posisi pertama.

Halaman:

Editor: Arfrian Rahmanta


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x