Penyebab Timnas Indonesia Gagal Lolos Semifinal Piala AFF 2022, Ini Klasemen Akhir Head to Head

- 11 Juli 2022, 12:48 WIB
Penyebab Timnas Indonesia gagal lolos ke semifinal Piala AFF 2022 karena kalah head to head dengan Vietnam dan Thailand.
Penyebab Timnas Indonesia gagal lolos ke semifinal Piala AFF 2022 karena kalah head to head dengan Vietnam dan Thailand. /

BERITA DIY - Menang 5-1 atas Myanmar dan menjadi tim paling produktif di Piala AFF U19 2022 tetap tak membuat Timnas Indonesia U19 lolos ke semifinal, apa penyebabnya?

Nasib kurang beruntung dialami Timnas Indonesia U19 di ajang Piala AFF 2022 dengan gagal lolos ke babak semifinal di turnamen yang digelar di rumah sendiri.

Kegagalan itu seolah tak dapat diterima sebab Timnas Indonesia menjadi tim dengan gol terbanyak (17 gol) dan juga tak terkalahkan di fase grup (3 menang dan 2 imbang).

Bahkan pada laga terakhir sekaligus hidup mati, Muhammad Ferarri dan kolega mampu mencukur Myanmar 5-1.

Baca Juga: Arti Head to Head di Sepak Bola yang Bikin Timnas Indonesia Tidak Lolos Semifinal Piala AFF U19 2022

Lalu apa yang membuat Timnas Indonesia U19 harus terhenti di fase grup?

Timnas Indonesia gagal lolos ke semifinal karena aturan head to head yang diterapkan di Piala AFF U19 2022 dan harus merelakan dua tempat teratas kepada Vietnam dan Thailand.

Pada aturan head to head ini, secara sederhana, jika ada dua tim atau lebih yang memiliki poin sama, maka posisi ketiganya akan ditentukan melalui aturan head to head.

Aturan head to head didahulukan daripada aturan selisih gol yang dimiliki suatu tim. Aturan itu juga membuat jumlah gol yang dibuat Vietnam, Thailand, dan Indonesia kepada tiga tim lain (Myanmar, Brunei, dan Filpina) tidak dihitung.

Halaman:

Editor: Muhammad Suria


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x