Profil Rahmat Erwin Abdullah, Atlet Angkat Besi yang Sabet Medali Perunggu di Olimpiade Tokyo 2020

- 28 Juli 2021, 20:30 WIB
Rahmat Erwin Abdullah atlet muda Indonesia cabor angkat besi berhasil meraih medali perunggu pada Olimpiade Tokyo 2020.
Rahmat Erwin Abdullah atlet muda Indonesia cabor angkat besi berhasil meraih medali perunggu pada Olimpiade Tokyo 2020. /REUTERS/Edgard Garrido

BERITA DIY - Simak profil Rahmat Erwin Abdullah, bibit muda cabor angkat besi Indonesia yang berhasil meraih medali perunggu untuk kontingen Indonesia di ajang Olimpiade Tokyo 2020.

Rahmat Erwin Abdullah tampil memukau pada babak penyisihan Grup B cabor angkat besi di Olimpiade Tokyo 2020. Pasalnya, dia berhasil memimpin Grup B usai menyelesaikan total angkatan 342 kg pada Rabu, 28 Juli 2021.

Tak lama berselang Rahmat Erwin Abdullah menyumbangkan medali perunggu untuk Indonesia. Dia kalah dari lifter Tiongkok yang memperoleh emas dan atlet Venezuela yang mendapat perak.

Baca Juga: Profil dan Instagram Zehra Gunes, Atlet Voli Cantik Turki di Olimpiade Tokyo yang Menarik Perhatian Netizen

Ternyata, pencapaian 342 kg itu sekaligus memecahkan rekor pribadinya yang Rahmat Erwin Abdullah buat tahun lalu pada ajang Asian Championships 2020 di Tashkent, Uzbekistan, dengan total angkatan 335 kg ketika itu. Namun, dia hanya menduduki posisi ke-4.

Dilansir dari Federasi Angkat Besi Internasional (IWF), Rahmat Erwin Abdullah menempati urutan ke-2 pada kehuaraan Junior Extra tahun 2020. Tampil pada kelas 73 kg, dia berhasil menorehkan total angkatan 331 kg.

Tak sembarang atlet, Rahmat Erwin Abdullah berhasil menyabet ranking pertama pada tiga kompetisi internasional berturut-turut.

Baca Juga: Profil Lee Yang dan Wang Chi-Lin, Ganda Taiwan Musuh Bebuyutan The Daddies dan Minions

Asian Junior Championships (2019) membuktikan dirinya menjadi salah satu lifter elit kelas junior. Juara pertama yang ia raih merupakan hasil usahanya usai mengangkat total beban 326 kg.

Lalu, disusul oleh kejuaraan SEA Games Filipina pada tahun yang sama. Rahmat Erwin Abdullah mempersembahkan medali emas kepada Indonesia dengan total angkatan 322 kg.

Halaman:

Editor: Arfrian Rahmanta


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x