Mengenal Nama Posisi dan Peran Pemain dalam Futsal

- 1 Maret 2021, 13:00 WIB
Ilustrasi: Nama Posisi dan Peran Pemain dalam Futsal
Ilustrasi: Nama Posisi dan Peran Pemain dalam Futsal /pixabay/ feedingfeedback0

BERITA DIY – Permainan futsal merupakan olahraga yang mirip dengan sepak bola. Perbedaan dari olahraga ini adalah jumlah pemain, posisi pemain, luas lapangan pertandingan dan peraturan pertandingan.

Istilah futsal merupakan singkatan dari bahasa Spanyol Futbol dan Sala. Sementara itu, dalam bahasa Brazil dan Portugal disebut dengan fuebol. Sedangkan dalam bahasa Prancis disebut dengan salon. Futsal diperkenalkan pertama kali oleh seorang bernama Juan Carlos Ceriani pada tahun 1930 di Montevideo, Uruguay.

Jumlah pemain dalam permainan futsal hanya berjumlah lima orang, namun setiap tim diizinkan untuk memiliki pemain cadangan berjumlah dua orang. Lima orang dalam pertandingan futsal yang dimaksud sudah termasuk kiper.

Baca Juga: 21 Jenis Mobil Ini Bisa Dibeli dengan DP 0 Persen Mulai Hari Ini!

Setiap orang dalam permainan ini memiliki peran dan tugas masing-masing dalam permainan futsal. Kelima pemain tersebut akan menempati posisi sebagai pivot, anchor, flank dan kiper. Berikut penjelasan lebih lanjut tentang posisi dan peran para pemain tersebut.

  1. Kiper atau Penjaga Gawang

Kiper bertugas untuk menjaga gawang agar tidak kebobolan. Posisi ini membutuhkan kekuatan, kecepatan dan kelincahan dalam menjaga gawang.

Seorang kiper harus memiliki refleks dan reaksi yang baik dalam menangkap bola, mampu menahan semua bola yang ditendang oleh tim lawan dan siap menghadapi benturan yang terjadi dalam permainan.

Baca Juga: Hari Tanpa Bayangan Akan Terjadi di Seluruh Indonesia dalam Waktu yang Berbeda-Beda, Ini Jadwalnya

Keunikan dari seorang kiper adalah menggunakan warna baju yang berbeda dengan teman satu tim, boleh mengenakan celana panjang dan boleh menggunakan sarung tangan untuk melindungi tangan.

Halaman:

Editor: Muhammad Suria


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x