Ikan Ini Jadi Pertanda Datangnya Gempa dan Tsunami, Berikut Fakta dari Pandangan Ahli Biologi

- 29 September 2020, 17:21 WIB
Kemunculan Oarfish manjadi pertanda datangnya gempa dan tsunami
Kemunculan Oarfish manjadi pertanda datangnya gempa dan tsunami /Instagram.com/@dispate/Instagram

Berita DIY - Gempa dan tsunami merupakan bencana alam yang sering terjadi di Indonesia mengingat letak Indonesia yang berada di antara dua benua yakni Benua Asia dan Australia serta diapit oleh dua samudra yakni Samudera Pasific dan Smaudera Hindia.

Letak geografis Indonesia tersebut menempatkan Indonesia di antara lempeng-lempeng tektonik termasuk lempeng austria dan eurasia yang memiliki pergerakan aktif.

Pergerakan lempeng-lempeng tektonik ini tidak jarang menyebabkan tumbukan antar lempeng dan menimbulkan guncangan yang dapat dirasakan permukaan bumi dimana manusia berada, hal ini yang kemudia disebut dengan gampa tektonik.

Baca Juga: Hasil Riset ITB Pantai Selatan Berpotensi Tsunami, Makhluk Ini Jadi Pertanda Datangnya Tsunami!

Sementara itu, gempa tektonik yang pusatnya (episentrum) dangkal dan berkekuatan besar khususnya di bawah permukaan laut dapat menimbulkan gelombang air yang kita sebut sebagai tsunami.

Gempa dan tsunami dapat diprediksi namun cukup lambat diketahui menggunakan alat ukur buatan manusia, meski demikian gejala alam juga dapat menjadi pertanda bahwa bencana alam akan datang nampak dari perubahan perilaku makhluk hidup di sekitar tempat yang akan terkena bencana.

Sebagaimana dilansir Berita DIY dari Jurnal Presesi dan Zona Jakarta, kedatangan tsunami dapat diketahui melalui kemunculan ikan Oarfish (Regalecus Glesne) yang merupakan spesies ikan laut dalam yang dipercaya kehadirannya sebagai pertanda akan terjadinya gempa dan tsunami.

Baca Juga: Prajurit Kostrad Ini Terjun Dari Pesawat Hercules dan Bertemu Ayah Kandung Saat Bertugas

Oarfish memiliki bentuk tubuh panjang menyerupai Sea Serpent yang dalam mitologi Jepang dianggap perwujudan naga air atau "ryugu no tsukai" yang bermakna sebagai pembawa pesan Raja Laut.

Halaman:

Editor: Nia Sari

Sumber: Zona Jakarta Jurnal Presesi


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x