Bahaya Terlalu Sering Ngupil, Salah Satunya Bisa Sebabkan Radang Otak?

- 30 Agustus 2020, 19:55 WIB
Ilustrasi kegiatan mengorek hidung atau mengupil
Ilustrasi kegiatan mengorek hidung atau mengupil /freepik.com/drobotdean

BERITA DIY - Orang yang memiliki kebiasaan menggorek kotoran hidung, mengupil atau ngupil ketika sedang merasa cemas atau stres bisa disebut sebagai rhinotillexmania. Padahal, kebiasaan ini buruk karena bisa sebabkan efek mimisan bahkan parahnya radang otak.

Ngupil terlalu sering jika ditinjau dari segi kesehatan memiliki efek buruk, walau kadang mengupil juga diperlukan untuk membersihkan gumpalan kotoran di hidung. Dari aspek kesehatan menilai, mengupil dengan menggunakan tangan langsung lebih berisiko mendapatkan efek buruk.

Apa saja efek buruk yang bisa terjadi jika memiliki kebiasaan mengupil? simak penjelasan Berita DIY berikut dihimpun dari berbagai sumber.

Baca Juga: Jarang Diketahui! Thailand Ternyata Memiliki 18 Jenis Kelamin

1. Infeksi lubang hidung

Menggunakan jari tangan yang tidak lebih dulu dibersihkan kemudian masuk ke lubang hidung untuk mengorek bisa sebabkan infeksi lubang hidung, baik ringan maupun berat. Ketika jari menyentuh rongga hidung ada namanya bagian vestibulus, bagian atas hidung yang cukup sensitif.

Bisa saja kotoran atau bakteri yang ada di jari tangan malah berpindah ke dalam rongga dan menyebabkan bagian yang lecet karena korekan menjadi infeksi.

2. Menyebabkan radang otak

Hal ini bisa terjadi karena di dalam rongga hidung terdapat sekat antara lubang hidung dengan tulang rawan yang mudah mengalami infeksi. Tulang rawan jika sudah mengalami luka dan terinfeksi bisa memunculkan bisul.

Halaman:

Editor: Iman Fakhrudin


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x