Alternatif Media Pembelajaran Jarak Jauh yang Menarik untuk Guru

- 23 Agustus 2020, 11:40 WIB
Quizizz salah satu media pembelajaran jarak jauh /Quizizz/Twitter.com/ @quizizz

BERITA DIY - Satu bulan sudah tahun ajaran baru 2020/2021 dimulai secara daring. Pembelajaran jarak jauh masih banyak diterapkan oleh sekolah-sekolah di zona kuning hingga merah.

Meskipun Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan telah memberikan kebijakan baru terkait sekolah di zona kuning dapat memulai pembelajaran tatap muka, namun beberapa daerah belum melaksanakannya untuk menghindari risiko yang mungkin akan ditimbulkan.

Pembelajaran jarak jauh menuntut guru kreatif dan inovatif dalam menyampaikan materi pembelajaran. Hal ini tetunya dilakukan agar peserta didik mampu memahami materi dan tidak bosan dengan metode yang digunakan.

Baca Juga: Pembelajaran Tatap Muka di Zona Hijau dan Kuning Bersifat Opsional, Wali Murid Bisa Menolak

Tak hanya metode, media pembelajaran yang digunakan pun harus variatif. Kebanyakan guru kini memanfaatkan aplikasi zoom, google meet, edmodo, maupun google classroom yang telah terintegrasi dengan google form dalam memberikan pengajaran.

Rupanya masih ada beberapa media pembelajaran lain yang dapat digunakan oleh guru dalam pembelajaran. Berikut tiga alternatif media pembelajaran jarak jauh yang dapat dipilih oleh guru.

  1. Quizizz

Quizizz merupakan media pembelajaran berbasis e-learning yang dapat digunakan oleh guru dalam melakukan evaluasi pembelajaran maupun memberikan stimulus pada peserta didik dengan kuis. Meskipun berisikan pertanyaan, aplikasi ini tidak membuat siswa bosan karena tampilannya yang interaktif. Jenis kuis yang diberikan adalah berbentuk pilihan ganda, kotak centang dan isi bagian yang kosong,  Fitur kuisnya beragam mulai dari live game atau pengerjaan soal secara langsung (realtime) hingga home work atau dikerjakan dengan batas pengumpulan tertentu. Langkah penggunaan aplikasi ini bagi guru adalah sebagai berikut. Pertama, login dengan akun google melalui browser www.quizizz.com, kemudian pilih sebagai guru (teacher), lalu lengkapi data diri. Jika sudah, anda akan masuk ke halaman beranda, anda dapat membuat kuis dengan mengklik create quiz. Anda tingga memasukkan soal dan mengatur pengaturan bagi siswa. Terakhir, bagikan kode kuis pada peserta didik untuk dikerjakan.

Baca Juga: Kuota Belajar Telkomsel Murah Banget 10 GB Hanya Rp 10, Begini Cara Aktivasinya

  1. Kahoot

Kahoot merupakan media pembelajaran yang tidak jauh berbeda dengan Quizizz, aplikasi ini juga berbasis permainan yang interaktif.

Halaman:

Editor: Sani Charonni

Sumber: Berita DIY


Tags

Komentar

Terkini

Terpopuler

Terpopuler Pikiran Rakyat Network

X