Daftar 12 Universitas Negeri di Yogyakarta, Ternyata Ada yang Usianya Sudah 70 Tahun Lebih

- 1 Juni 2023, 16:25 WIB
Daftar 12 universitas negeri di Provinsi  DIY (Daerah Istimewa Yogyakarta) beserta website resmi setiap universitas. Lengkap dengan informasi usia berdirinya universitas negeri yang ada di DIY.
Daftar 12 universitas negeri di Provinsi DIY (Daerah Istimewa Yogyakarta) beserta website resmi setiap universitas. Lengkap dengan informasi usia berdirinya universitas negeri yang ada di DIY. /www.freepik.com/@azerbaijan_stockers

BERITA DIY - Berikut mengenai informasi tentang daftar 12 universitas negeri di Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta beserta website resmi setiap universitas. Lengkap dengan informasi usia berdirinya universitas.

Yogyakarta merupakan kota yang dikenal sebagai kota pelajar. Bukan hanya sebuah sebutan saja di Yogyakarta memang banyak sekolah bertebaran.

Jumlah perguruan tinggi di Yogyakarta ada sekitar 100 lebih termasuk perguruan tinggi negeri dan swasta. Perguruan tinggi tersebut ada yang berbentuk universitas, institut, akademi, sekolah tinggi, politeknik, poltekkes dan lain-lain.

Dikutip dari laman www.etd.repository.ugm.ac.id awal mula Yogyakarta dijuluki sebagai kota pendidikan sangat dipengaruhi oleh simbol-simbol pendidikan yang dimilikinya. Simbol-simbol itu berupa realitas fisik dan realitas sosial.

Baca Juga: Link Lowongan Kerja Universitas Muhammadiyah Surakarta, Rekrutmen Dosen UMS! Dapat Insentif hingga Rp 75 Juta

Keberadaan Muhammadiyah dan Taman Siswa yang bergerak di dunia pendidikan dan selanjutnya Universitas Gadjah Mada merupakan ikon menonjol yang tidak bisa dilepaskan dari proses pencitraan. Realitas-realitas ini merupakan simbol-simbol yang menarasikan Yogyakarta sebagai kota pendidikan.

Lahirnya Muhammadiyah dan Taman Siswa pada awal abad ke-20 merupakan embrio terbentuknya citra kota pendidikan. Akan tetapi, Universitas Gadjah Mada tetap menjadi simbol kuat Yogyakarta sebagai kota pendidikan.

Halaman:

Editor: F Akbar


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x