Contoh Soal Invers Matriks Ordo 3x3: Rumus, Praktik Teori, dan Istilah

- 17 Maret 2023, 16:57 WIB
Ada sejumlah contoh soal invers matriks ordo 3x3 dan 2x2 dari rumus, praktik teori dan istilah Matematika di dalamnya.
Ada sejumlah contoh soal invers matriks ordo 3x3 dan 2x2 dari rumus, praktik teori dan istilah Matematika di dalamnya. /PEXELS/Pixabay

BERITA DIY - Berikut ada sejumlah contoh soal invers matriks ordo 3x3 dan 2x2 dari rumus, praktik teori dan istilah Matematika di dalamnya.

Dalam modul 'Matematika Umum Kelas XI' (2020) susunan Yusdi Irfan, istilah invers matriks adalah matriks baru yang merupakan kebalikan dari matriks asal.

Istilah matriks sendiri adalah susunan dengan bentuk persegi panjang atau persegi yang tersusun dari angka dan diatur dalam baris maupun kolom.

 

Adapun istilah invers artinya adalah kebalikan dari sesuatu. Matriks yang punya invers adalah matriks nonsingular, sementara yang tidak memiliki invers adalah matriks singular.

Baca Juga: Rumus Mencari Tinggi Tabung Dilengkapi Contoh Soal dan Kunci Jawaban serta Pembahasan

Sebelum mencari invers matriks, kamu harus menentukan determinan terlebih dahulu. Determinan adalah nilai yang dapat dihitung dari unsur-unsur suatu matriks persegi.

Simbol dari invers matriks adalah pangkat -1 dan terletak di atas hurufnya. Misal, matriks B adalah invers matriks A sehingga ditulis B=A-1 dan matriks A ialah invers dari matriks B ditulis A=B-1.

Halaman:

Editor: Arfrian Rahmanta


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x