Contoh Soal Gaya Lorentz Kelas 9 dan 12 Dilengkapi Kunci Jawaban, Cara serta Pembahasan: Cocok untuk Latihan

- 10 Februari 2023, 13:11 WIB
Ilustrasi - Contoh soal gaya Lorentz kelas 9 SMP dan 12 SMA lengkap dengan kunci jawaban, cara serta pembahasan, cocok untuk latihan ujian UAS PAS.
Ilustrasi - Contoh soal gaya Lorentz kelas 9 SMP dan 12 SMA lengkap dengan kunci jawaban, cara serta pembahasan, cocok untuk latihan ujian UAS PAS. /PEXELS/Monstera

BERITA DIY - Berikut contoh soal gaya Lorentz kelas 9 SMP dan 12 SMA lengkap dengan kunci jawaban, cara serta pembahasan, cocok untuk latihan ujian UAS atau PAS.

Materi gaya Lorentz masuk ke Bab 6 Kemagnetan dan Pemanfaatannya di kelas 9 SMP sederajat. Lalu materi tersebut kembali diajarkan di kelas 12 SMA.

Adik-adik dapat menemukan contoh soal lengkap dengan kunci jawaban, cara penyelesaian, dan pembahasannya di sini. Soal ini bisa dipakai untuk latihan menjelang ujian.

Contoh soal untuk kelas 9 SMP dikutip dari Buku Paket Siswa Ilmu Pengetahuan Alam terbitan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan edisi revisi 2018.

Baca Juga: Kunci Jawaban PKN Kelas 9 Halaman 136 Tugas Kelompok 5 1 Masalah Aspek Sosial, Penyebab Akibat: SMP Semester 2

Lalu soal untuk kelas 12 SMA dikutip dari Buku Paket Fisika untuk SMA dan MA Kelas XII terbitan Pusat Perbukuan Departemen Pendidikan Nasional 2009.

Kunci jawaban dari contoh soal materi gaya Lorentz dikutip dari alumni FKIP Universitas Jember, Arum Ariyani S. Pd. 

Contoh soal gaya Lorentz kelas 9 SMP sederajat

1. Sebuah kawat tembaga sepanjang 10 m dialiri arus listrik sebesar 5 mA. Jika kawat tembaga tersebut tegak lurus berada dalam medan magnet sebesar 8 tesla, berapakah gaya Lorentz yang timbul?

Halaman:

Editor: Aziz Abdillah

Sumber: Berbagai Sumber


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x