2 Contoh Cerpen Singkat dan Menarik Tentang Persahabatan dan Pendidikan

- 30 Januari 2023, 14:35 WIB
Ilustrasi - Contoh cerpen singkat dan menarik tentang persahabatan dan pendidikan.
Ilustrasi - Contoh cerpen singkat dan menarik tentang persahabatan dan pendidikan. /pexels.com/Karolina Grabowska

BERITA DIY - Berikut dua contoh cerpen singkat dan menarik tentang persahabatan dan tentang pendidikan yang akan disajikan di artikel ini.

Cerpen atau cerita pendek adalah salah satu karya sastra yang memiliki beragam kisah menarik di dalamnya. Sama halnya dengan novel, cerita yang ditulis dalam cerpen memiliki sifat naratif.

Cerpen sendiri menceritakan satu tokoh atau lebih yang ditulis dengan alur yang lebih ringkas, cerita pendek atau cerpen tak memerlukan waktu lama untuk menuliskan cerita yang ingin ditulis.

Meski lebih sederhana dan singkat, akan tetapi cerpen harus memberikan hiburan yang menarik untuk pembacanya. Bila ingin menulis cerpen harus dilihat unsur intrinsik cerpen yang akan ditulis.

Baca Juga: Contoh Cerpen dan Struktur Cerita Pendek Sederhana: Rangkaian Peristiwa hingga Resolusi

Maka yang perlu diperhatikan saat menulis cerpen yang pertama itu harus tahu terlebih dahulu tema tentang apa yang akan dibuat sebelum memulai menulis cerpen.

Bila tema sudah ditemukan yang selanjutnya alur atau plot. Alur dalam cerpen yang dibuat maju atau mundur. Kemudian setting atau tempat bisa jaga waktu alur cerpen yang akan ditulis contoh Rumah Ahmad, depan rumah, dan siang hari yang cerah.

Kemudian penentuan tokoh dalam satu cerita pendek atau cerpen juga sangatlah penting lalu watak para tokoh yang dibuat. Lalu sudut pandang dan yang terakhir amanat dari isi cerpen yang ditulis.

Berikut dua contoh cerpen singkat dan menarik:

Halaman:

Editor: Sani Charonni


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Pemilu di Daerah

x