Perbedaan Reaksi Pembakaran Sempurna dan Tidak Sempurna: Apa yang Dimaksud dari Keduanya? Simak Contohnya

- 6 Desember 2022, 10:14 WIB
Ilustrasi - Perbedaan reaksi pembakaran sempurna dan tidak sempurna, penjelasan apa yang dimaksud dari keduanya, pengertian, dan contoh reaksinya.
Ilustrasi - Perbedaan reaksi pembakaran sempurna dan tidak sempurna, penjelasan apa yang dimaksud dari keduanya, pengertian, dan contoh reaksinya. /PEXELS/Mikhail Nilov

BERITA DIY - Simak perbedaan reaksi pembakaran sempurna dan tidak sempurna. Penjelasan apa yang dimaksud dari keduanya, pengertian, dan contoh reaksinya.

Dalam peristiwa kehidupan sehari-hari, kita tidak jauh dengan adanya peristiwa perubahan kimia, salah satunya yakni reaksi pembakaran.

Ada dua tipe pembakaran, yakni pembakaran sempurna dan tidak sempurna. Lalu apa perbedaan dari kedua reaksi tersebut, apa yang dimaksud pembakaran sempurna dan tidak sempurna? Ketahui pengertian dan contoh reaksi pembakaran pada artikel ini.

Baca Juga: Rumus dan Cara Menghitung Hambatan Total Listrik untuk Rangkaian Seri, Paralel, dan Campuran

Materi mengeni reaksi pembakaran ini dibahas dalam Mata Pelajaran Kimia kelas XI SMA sederajat. Artikel ini bisa menjadi tambahan referensi untuk mempelajari tentang reaksi pembakaran.

Dilansir dari Buku "Teknik Pembakaran" yang ditulias oleh Dr. Eng. Rizqi Fitri Naryanto, S.T., M.Eng yang diterbitkan oleh Literasi Nusantara pada 2021, pembakaran merupakan salah satu proses reaksi kimia.

Reaksi pembakaran merupakan suatu runutan reaksi kimia antara suatu bahan bakar dan suatu oksidan, disertai dengan produksi panas yang kadang disertai cahaya dalam bentuk pendar atau api.

Agar terjadi proses reaksi pembakaran maka diperlukan senyawa reaktan atau bahan bakar dan zat pengoksidasi, lalu reaksi tersebut akan menghasilkan senyawa produk dan energi panas.

Baca Juga: Lawan Kata Haus dalam Bahasa Indonesia, Apakah Ada? Cek di Sini

Halaman:

Editor: Muhammad Suria


Tags


Terkait

Terkini

Terpopuler

Terpopuler Pikiran Rakyat Network

PRMN TERKINI

x