Apa Makna dari Identitas Nasional, Faktor Pembentuk dan Contoh Identitas Nasional yang Ada di Indonesia

- 16 November 2022, 12:05 WIB
Ilustrasi - Informasi apa makna dari identitas nasional, pengertian, faktor pembentuk dan contoh identitas sosial yang ada di Indonesia.
Ilustrasi - Informasi apa makna dari identitas nasional, pengertian, faktor pembentuk dan contoh identitas sosial yang ada di Indonesia. /Unsplash/Mufid Majnun

BERITA DIY - Berikut informasi apa makna dari identitas nasional, faktor pembentuk dan contoh identitas sosial yang ada di Indonesia.

Saat ini banyak orang mencari makna identitas nasional termasuk pada Pancasila sila ke-1 sampai 5, contoh dalam kehidupan hingga pengamalannya.

Identitas nasional sendiri penting bagi sebuah negara tak terkecuali Indonesia yang memiliki ciri sebagai pembeda dengan negara lain.

Setiap negara tentu memiliki identitas nasional sendiri, termasuk beberapa faktor pembentuk identitas sendiri.

Baca Juga: Beri Penguatan Pembinaan Ideologi Pancasila ke Pemprov Banten, Ma'ruf Amin: Pancasila itu Kalimatunsawa

Serta apa saja contoh identitas nasional yang ada di Indonesia bisa Anda dapatkan beserta pengertian dan pemaknaannya di sini.

Perlu diketahui, identitas nasional yang dimaksud bisa berupa keunikan, ciri-ciri, sifat, maupun karakter dari bangsa itu sendiri.

Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia, kata nasional bermakna kebangsaan, berkenaan, atau berasal dari bangsa sendiri.

Mengutip dari jurnal Identitas Nasional karya I Putu Ari Astawa, Identitas nasional dalam konteks bangsa cenderung mengacu pada kebudayaan, adat istiadat, serta karakter khas suatu negara.

Halaman:

Editor: Aziz Abdillah


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Pemilu di Daerah

x