Tanggal 14 Agustus 2022 Memperingati Hari Apa? Simak Sejarah Hari Pramuka di Indonesia

- 13 Agustus 2022, 12:30 WIB
Simak tanggal 14 Agustus 2022 memperingati hari apa dan bagaiamana sejarah Hari Pramuka di Indonesia.
Simak tanggal 14 Agustus 2022 memperingati hari apa dan bagaiamana sejarah Hari Pramuka di Indonesia. /ANTARA FOTO/ Virna Puspa Setyorini

BERITA DIY – Simak tanggal 14 Agustus 2022 memperingati hari apa dan info sejarah Hari Pramuka di Indonesia.

Pada tanggal 14 Agustus 2022 ini Indonesia memperingati Hari Pramuka ke 61 dengan tema, Mengabdi Tanp Batas untuk Membangun Ketangguhan Bangsa.

Diperingati setiap 14 Agustus dikarenakan pada tanggal tersebut Gerakan Pramuka mulai diperkenalkan secara resmi kepada masyarakat luas.

Pada tanggal 14 Agustus 1961 juga adalah upacara pertama kali di Hari Pramuka serta penyerahan Panji Gerakan Pramuka dari Presiden Soekarno kepada Sri Sultan Hamengku Buwono IX yang kala itu menjabat sebagai Ketua pertama Kwartir Nasional Gerakan Pramuka.

Baca Juga: Contoh Yel-Yel Pramuka yang Simpel, Lucu, Penuh Semangat, dan Mudah Diingat: Cocok Untuk Lomba di Hari Pramuka

Kemudian, sejak hari itu pada tanggal 14 Agustus selalu diperingati Hari Pramuka di Indonesia.

Namun sebelum penetapan 14 Agustus sebagai Hari Pramuka di Indonesia, tentu memiliki sejarah panjang yang telah dilalui.

Selengkapnya, berikut sejarah kepanduan di Indonesia sebelum dinamakan dengan Pramuka:

Sejarah

Pada tahun 1912 atau saat zaman Hindia – Belanda, sekelompok pandu Batavia kala itu dan kemudian menjadi cabang dari Nederlandsche Padvinders Organisatie (NPO).

Halaman:

Editor: Mufit Apriliani


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x