Cara Menghitung Skor UTBK 2022 untuk TPS, TKA Saintek, TKA Soshum, Campuran, dan Sistem Penilaian

- 26 Juni 2022, 11:20 WIB
Ilustrasi cara menghitung skor UTBK 2022 untuk TPS, TKA Saintek, TKA Soshum, campuran, dan sistem penilaian.
Ilustrasi cara menghitung skor UTBK 2022 untuk TPS, TKA Saintek, TKA Soshum, campuran, dan sistem penilaian. /PIXABAY/@stevepb

BERITA DIY- Berikut informasi cara menghitung skor UTBK 2022 untuk TPS, TKA Saintek, TKA Soshum, dan sistem penilaian untuk mengetahui tingkat kelulusan.

Mengetahui bagaimana cara perhitungan skor UTBK 2022 hal itu perlu agar bisa mengetahui atau memprediksi tingkat kelolosan.

Sebelum itu juga penting untuk mengetahui bagaimana sistem penilaian UTBK, sehingga peserta nilai yang akan muncul nantinya berasal dari mana.

Nilai UTBK baik itu TPS maupun TKA merupakan nilai yang didapat dari sistem penilaian yang disebut dengan IRT Scoring atau Item Response Theory. IRT sendiri terdiri dari tiga tahap di bawah ini.

Baca Juga: 2 Link Cek Skor UTBK 2022, Cara Unduh Sertifikat UTBK SBMPTN di Portal LTMPT Daftar Jalur Mandiri PTN

Tahap pertama: Semua soal yang dijawab oleh peserta UTBK diberi nilai atau skor 1 dan yang tidak dijawab skornya 0.

Tahap kedua: Semua soal yang dijawab dan tidak dijawab akan diurutkan sesuai tingkat kesulitannya

Tahap ketiga: Berdasarkan soal yang sudah diurutkan pada tahap kedua skornya akan dihitung setiap peserta akan memperoleh berapa nilai.

Itulah adalah sistem penilaian yang digunakan dalam UTBK, berikut ini cara menghitung nilai UTBK 2022 untuk TPS, TKA Saintek, TKA Soshum, dan campuran:

Halaman:

Editor: F Akbar


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x