Contoh Ukara Samboran dalam Bahasa Jawa, Kalimat Majemuk Versi Bahasa Daerah

- 8 Juni 2022, 19:29 WIB
Berikut contoh ukara samboran dalam bahasa Jawa. Jika dalam bahasa Indonesia, kita lebih mengenal dengan istilah kalimat majemuk.
Berikut contoh ukara samboran dalam bahasa Jawa. Jika dalam bahasa Indonesia, kita lebih mengenal dengan istilah kalimat majemuk. /PEXELS/Tirachard Kumtanom

BERITA DIY - Berikut contoh ukara samboran dalam bahasa Jawa. Jika dalam bahasa Indonesia, kita lebih mengenal dengan istilah kalimat majemuk.

Sebagaimana kalimat majemuk, ukara samboran merupakan susunan klausa yang tergabung menjadi satu kalimat dengan konjungsi.

Dua gagasan atau klausa ini membentuk satu baris kalimat sehingga memiliki satu gagasan baru. Dalam bahasa Jawa, hal ini disebut dengan ukara samboran.

Baca Juga: Contoh Soal UAS IPA Kelas 9 SMP MTs Semester 2 dan Pembahasan Kunci Jawaban Kurikulum 2013 Materi Bioteknologi

Jika dalam bahasa Jawa, klausa diberinama ukara lamba. Tak berbeda, penyambung antara ukara lamba juga konjungsi.

Di dalam materi bahasa Jawa atau Basa Jawa, konjungsi ada berbagai macam, di antaranya ialah lan (dan), utawa (atau), naging (tetapi), senajan (meskipun), dene (sedangkan), sawise (setelah), hingga banjur (kemudian).

Deretan konjungsi di atas mirip seperti konjungsi yang ada di dalam bahasa Indonesia.

Baca Juga: Apa Antonim Gegai dan Artinya dalam Bahasa Indonesia Menurut KBBI dan Materi Ujian TIU CPNS 2022

Begitupun seperti halnya dengan susunan kalimat atau dalam Basa Jawa disebut dengan ukara.

Halaman:

Editor: Iman Fakhrudin


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x