Contoh Teks Khutbah Sholat Jumat Hari Ini Spesial Hardiknas 2022 Tentang Pendidikan dan Menuntut Ilmu

- 13 Mei 2022, 08:19 WIB
Ilustrasi khutbah sholat Jumat tentang pendidikan dan menuntut ilmu spesial Hardiknas 2022.
Ilustrasi khutbah sholat Jumat tentang pendidikan dan menuntut ilmu spesial Hardiknas 2022. /UNSPLASH/Rumman Amin

BERITA DIY - Simak contoh teks khutbah sholat Jumat hari ini, 13 Mei 2022 spesial Hari Pendidikan Nasional (Hardiknas) 2022 tentang pendidikan dan menuntut ilmu yang bertajuk "Orang Baik Adalah yang Belajar Al-Quran dan Mengajarkannya"

Meskipun Hari Pendidikan Nasional secara resmi diperingati tanggal 2 Mei 2022 namun upacara peringatan diadakan hari ini, Jumat, 13 Mei 2022 sesuai dengan instruksi Kemendikbud lantaran hari ke-3 bulan Mei bertepatan dengan Lebaran dan cuti bersama.

Oleh karena itu contoh teks khutbah sholat Jumat hari ini sangat tepat untuk menyampaikan ceramah tentang pendidikan dan sekaligus memperingati momen Hardiknas 2022.

Baca Juga: Teks Khutbah Jumat Singkat di Bulan Syawal Tentang Menghindari Bangkrut di Akhirat, Lengkap Doa

Islam sendiri mengajarkan umat-Nya untuk terus belajar, menuntut ilmu, atau memperoleh pendidikan. Hal ini tercantum dalam beberapa Surat Al-Quran yang mengamanatkan demikian.

Bahkan surat pertama yang diturunkan kepada Nabi Muhammad SAW, Al-Alaq ayat 1-5 berbunyi "Bacalah" yang memberikan pesan kepada umat Islam jangan malas-malas untuk membaca.

اقْرَأْ بِاسْمِ رَبِّكَ الَّذِي خَلَقَ (1) خَلَقَ الْإِنْسَانَ مِنْ عَلَقٍ (2) اقْرَأْ وَرَبُّكَ الْأَكْرَمُ (3) الَّذِي عَلَّمَ بِالْقَلَمِ (4) عَلَّمَ الْإِنْسَانَ مَا لَمْ يَعْلَمْ (5) 

Artinya: Bacalah dengan (menyebut) nama Tuhanmu Yang Menciptakan. Dia telah menciptakan manusia dari segumpal darah. Bacalah, dan Tuhanmulah Yang Maha Pemurah, Yang mengajar (manusia) dengan perantaraan qalam. Dia mengajarkan kepada manusia apa yang tidak diketahuinya. 

Baca Juga: Teks Khutbah Jumat Singkat Bulan Syawal tentang Pentingnya Mengontrol Amarah

Berdasarkan tafsir Kemenag, pada ayat pertama "Bacalah" memerintahkan manusia untuk membaca (mempelajari, meneliti, dan sebagainya) apa saja yang telah Allah SWT ciptakan.

Halaman:

Editor: Inayah Bastin Al Hakim


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Pemilu di Daerah

x