Pengertian Guru Gatra, Guru Wilangan, dan Guru Lagu dalam Tembang Macapat Jawa serta Contohnya

- 22 April 2022, 14:12 WIB
Ilustrasi - pengertian apa itu guru gatra, guru wilangan, dan guru lagu dalam tembang macapat atau puisi bahasa Jawa serta contohnya.
Ilustrasi - pengertian apa itu guru gatra, guru wilangan, dan guru lagu dalam tembang macapat atau puisi bahasa Jawa serta contohnya. /Antara Foto/Mohammad Ayudha

BERITA DIY - Berikut pengertian mengenai apa itu guru gatra, guru wilangan, dan guru lagu dalam tembang macapat Jawa lengkap dengan contohnya.

Guru gatra, guru wilangan, dan guru lagu merupakan tiga istilah yang umum muncul dalam macapat Jawa. Ketiganya memiliki pengertian yang berbeda.

Dikutip dari situs gln.kemendikbud.go.id, macapat adalah puisi tradisional bahasa Jawa yang disusun dengan menggunakan aturan tertentu.

Baca Juga: 11 Nama-nama Tembang Macapat LENGKAP dengan Pengertian dan Maknanya

Penulisan tembang macapat memiliki aturan dalam jumlah baris, jumlah suku kata, ataupun bunyi sajak akhir tiap baris yang disebut guru gatra, guru lagu, dan guru wilangan.

Lalu apakah guru gatra, guru wilangan, dan guru lagu dalam macapat Jawa itu? berikut penjelasannya.

Pengertian tentang guru wilangan adalah banyaknya jumlah suku kata dalam setiap baris tembang macapat.

Baca Juga: Jenis-Jenis dan Contoh Purwakanthi: Penjelasan Lengkap Guru Basa Lumaksita, Guru Swara, dan Guru Sastra

Sedangkan guru gatra merupakan banyaknya jumlah larik dalam satu bait. Lalu, guru lagu yang merupakan persamaan bunyi sajak pada akhir kata dalam setiap baris.

Halaman:

Editor: Bagus Aryo Wicaksono


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x