Contoh Soal PKN Kelas 11 SMA Tengah Semester 2 Beserta Pembahasan Materi Bab 4 dan 5 Latihan Ujian Jelang USBN

- 24 Maret 2022, 08:24 WIB
ilustrasi - Contoh soal Ujian PKN SMA kelas 11 Semester 2 Beserta Pembahasan pertanyaan uraian materi bab 4 dan 5 Peran Indonesia dalam Perdamaian Dunia latihan soal menjelang USBN.
ilustrasi - Contoh soal Ujian PKN SMA kelas 11 Semester 2 Beserta Pembahasan pertanyaan uraian materi bab 4 dan 5 Peran Indonesia dalam Perdamaian Dunia latihan soal menjelang USBN. /Pixabay/mohamed_hassan
BERITA DIY - Berikut contoh soal ujian PKN kelas 11 SMA semester 2 lengkap beserta pembahasan pertanyaan uraian latihan menjelang USBN.

Materi soal ujian PKN kelas 11 SMA semester 2 yaitu terkait Peran Indonesia dalam Perdamaian Dunia dan Mewaspadai Ancaman terhadap Kedudukan Negara Kesatuan Republik Indonesia.

Untuk persiapan USBN, siswa kelas 11 SMA dapat belajar dengan membaca pembahasan contoh soal ujian PKN yang bisa dijadikan gambaran.
 
Baca Juga: Kunci Jawaban dan Pembahasan Soal Uji Kompetensi Bab 7 Garis dan Sudut Matematika SMP MTs kelas 7 semester 2

Kumpulan soal USBN kelas 11 SMA beserta pembahasan, bersumber dari buku terbitan Kemendikbud pelajaran PKN Kurikulum 2013 Bab 3 dan Bab 4.

Siswa kelas 11 SMA dapat mempelajari soal latihan USBN dengan mengacu pada pembahasan soal setiap pertanyaan uraian.

Buku PKN kelas 11 SMA semester 2 ini membahas materi tentang peran Indonesia dalam perdamaian dunia hingga ancaman terhadap kedudukan NKRI.
 
Baca Juga: Kunci Jawaban dan Pembahasan Soal Matematika SMP MTs Kelas 8 Semester 2: Menentukan Volume Prisma

Berikut contoh soal ujian sekolah pelajaran PKN kelas 11 SMA latihan menjelang USBN.

1. Jelaskan arti penting perdamaian dunia bagi kemajuan sebuah negara.

Jawaban:

Perdamaian dunia memiliki arti penting bagi suatu negara karena tanpa adanya perdamaian dunia, suatu bangsa tidak akan dapat melaksanakan pembangunan dan mewujudkan tujuannnya. Perdamaian adalah syarat mutlak bagi terlaksananya pembangunan

2. Bagaimana keterlibatan bangsa Indonesia dalam mewujudkan perdamaian dunia?

Jawaban:

Keterlibatan Indonesia dalam mewujudkan perdamaian dunia dilakukan melalui kerja sama hubungan internasional maupun melalui organisasi internasional.
 
Baca Juga: Kunci Jawaban dan Pembahasan Soal Matematika SMP MTs Kelas 8 Semester 2: Menentukan Volume Kubus dan Balok

Upaya ini dilakukan secara aktif oleh Indonesia karena merupakan salah satu dari tujuan negara Indonesia sebagaimana terdapat dalam alinea 4 Pembukaan UUD Negara RI Tahun 1945

3. Mengapa bangsa Indonesia harus terlibat dalam upaya untuk mewujudkan perdamaian dunia?

Jawaban:

Karena Salah satu tujuan nasional Indonesia sebagaimana tercantum dalam alinea ke-4 Pembukaan Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945 adalah ikut melaksanakan ketertiban dunia yang berdasarkan kemerdekaan, perdamaian abadi dan keadilan sosial.

Salah satu konsekuensi dari tujuan tersebut adalah bangsa Indonesia harus senantiasa berperan serta dalam menciptakan perdamaian dunia.
 
Baca Juga: Kunci Jawaban dan Pembahasan Soal Matematika Kelas 8 SMP MTs Semester 2: Menentukan Luas Permukaan Limas

Hal tersebut dikarenakan bangsa Indonesia merupakan bagian dari seluruh umat manusia di dunia sehingga sudah seharusnya bangsa Indonesia berada pada barisan terdepan dalam upaya menciptakan perdamaian dunia

4. Jelaskan faktor-faktor yang menyebabkan suatu negara mengadakan hubungan internasional.

Jawaban:

a. Faktor internal, yaitu adanya kekhawatiran terancam kelangsungan hidupnya baik melalui kudeta maupun intervensi dari negara lain.
 
Baca Juga: Kunci Jawaban dan Pembahasan Soal Matematika Kelas 8 SMP MTs Semester 2: Menentukan Luas Permukaan Limas

b. Faktor ekternal, yaitu ketentuan hukum alam yang tidak dapat dipungkiri bahwa suatu negara tidak dapat berdiri sendiri tanpa bantuan dan kerja sama dengan negara lain. Ketergantungan tersebut terutama dalam upaya memecahkan masalah-masalah ekonomi, politik, hukum, sosial budaya, serta pertahanan dan keamanan.

5. Deskripsikan berbagai bentuk kerja sama yang dilakukan Indonesia dengan negara lain

Jawaban:

Sejak merdeka Indonesia sudah mulai aktif dalam upaya mewujudkan perdamaian dunia. Hal ini dapat dilihat dari berbagai aktivitas yang dilakukan oleh Negara dalam kegiatan berikut ini;

a. Indonesia menjadi anggota yang ke-60 Perserikatan Bangsa- Bangsa (PBB) pada tanggal 28 September 1950. Meskipun pernah keluar dari keanggotaan PBB pada tanggal 7 Januari 1965 sebagai bentuk protes atas diterimanya Malaysia menjadi anggota tidak tetap Dewan Keamanan PBB, tetapi pada tanggal 28 September 1966, Indonesia masuk kembali menjadi anggota PBB dan tetap sebagai anggota yang ke-60.
 
Baca Juga: Alas Sebuah Limas Berbentuk Belah Ketupat, Kunci Jawaban Matematika Kelas 8 SMP MTs Semester 2 Halaman 189

b. Memprakarsai penyelenggaraan Konferensi Asia-Afrika (KAA) pada tahun 1955 yang melahirkan semangat dan solidaritas negara-negara Asia-Afrika yang kemudian melahirkan Dasasila Bandung.

c. Keaktifan Indonesia sebagai salah satu pendiri Gerakan Non-Blok (GNB) pada tahun 1961. Bahkan, pada tahun 1992 dalam Konferensi Negara-negara Non-Blok yang berlangsung di Jakarta, Indonesia ditunjuk menjadi Ketua GNB. Melalui GNB ini, secara langsung Indonesia telah turut serta meredakan ketegangan perang dingin antara Blok Barat dan Blok Timur.

d. Terlibat langsung dalam misi perdamaian Dewan Keamanan PBB dengan mengirimkan Pasukan Garuda ke negara-negara yang dilanda konflik seperti Konggo, Vietnam, Kamboja, Bosnia dan sebagainya. Bahkan pada tahun 2007, Indonesia ditetapkan menjadi Anggota Tidak Tetap Dewan Kemanan PBB.
 
Baca Juga: Kunci Jawaban dan Pembahasan Soal Matematika Kelas 7 SMP MTs Semester 2: Melukis Sudut Istimewa

e. Indonesia menjadi salah satu pendiri ASEAN (Assosiaciation of South-East Asian Nation), yaitu organisasi negara-negara di kawasan Asia Tenggara, bahkan Sekretariat Jenderal ASEAN berada di Jakarta.
f. Ikut serta dalam setiap pesta olahraga internasional mulai dari Sea Games, Asian Games, Olimpiade, dan sebagainya.

g. Indonesia aktif juga dalam beberapa organisasi internasional lainnya, hal ini dibuktikan dengan tercatatnya bangsa Indonesia sebagai anggota Organisasi Konferensi Islam (OKI), OrganisasiNegara-Negara Pengekspor Minyak (OPEC), dan Kerja Sama Ekonomi Asia Pasifik (APEC).

6. Jelaskan posisi silang negara Indonesia, baik dari aspek
kewilayahan maupun aspek kehidupan sosial!

Jawaban:

Dari aspek kewilayahan Negara Indonesia berada pada posisi silang, yaitu berada di tengah-tengah dunia dilewati garis khatulistiwa, diapit oleh dua benua, yaitu Asia dan Australia, serta berada diantara dua samudera yaitu Samudera Hindia dan Pasifik. Kondisi tersebut menunjukkan bahwa wilayah Indonesia berada pada posisi silang sangat strategis. Dari aspek kehidupan sosial, antara lain:
 
Baca Juga: Kunci Jawaban dan Pembahasan Soal Remedial IPA Kelas 7 SMP Uji Kompetensi Halaman 81 Tentang Pemanasan Global

1. Penduduk Indonesia berada di antara daerah berpenduduk padat di utara dan daerah berpenduduk jarang di selatan.

2. Ideologi Indonesia terletak antara komunisme di utara dan liberalisme di selatan.

3. Demokrasi Pancasila berada di antara demokrasi rakyat di utara (Asia daratan bagian utara) dan demokrasi liberal di selatan.

4. Ekonomi Indonesia berada di antara sistem ekonomi sosialis di utara dan sistem ekonomi kapitalis di selatan.

5. Masyarakat Indonesia berada di antara masyarakat sosialis di utara dan masyarakat individualis di selatan.

6. Kebudayaan Indonesia di antara kebuadayaan timur di utara dan kebudayaan barat di selatan.
 
Baca Juga: Kunci Jawaban dan Pembahasan Soal IPA Kelas 7 SMP Uji Kompetensi Halaman 141 Tentang Lapisan Bumi

7. Sistem pertahanan dan keamanan Indonesia berada di antara sistem pertahanan kontinental di utara dan sistem pertahanan maritim di barat, selatan, dan timur.

7. Mengapa posisi silang negara Indonesia bukan hanya
merupakan potensi yang harus disyukuri, tetapi juga merupakan tantangan sekaligus ancaman bagi integrasi nasional?

Jawaban:

Posisi silang Indonesia merupakan sebuah potensi sekaligus ancaman bagi integrasi nasional bangsa Indonesia.

Dikatakan sebuah potensi karena akan memberikan dampak positif bagi kemajuan bangsa Indonesia serta akan memperkukuh keberadaan Indonesia sebagai negara yang tidak dapat disepelekan perannya dalam menunjang kemajuan serta terciptanya perdamaian dunia.

Akan tetapi, posisi silang ini juga menjadikan Indonesia sebagai negara yang tidak terbebas dari ancaman yang dapat memecah belah bangsa.

8. Jelaskan ancaman di bidang pertahanan dan keamanan yang paling mengancam integrasi nasional bangsa Indonesia pada saat ini?
 
Baca Juga: Mengenal Sudut, Kunci Jawaban dan Pembahasan Soal Matematika Kelas 7 SMP MTs Semester 2 Terbaru 2022

Jawaban:

Wujud ancaman di bidang pertahanan dan keamanan pada yang mengancam integritas negara pada umumnya berupa ancaman militer.

Ancaman militer adalah ancaman yang menggunakan kekuatan bersenjata dan terorganisasi yang dinilai mempunyai kemampuan membahayakan kedaulatan negara, keutuhan wilayah, dan keselamatan segenap bangsa.

Ancaman militer dapat berupa agresi/invasi, pelanggaran wilayah, pemberontakan bersenjata, sabotase, spionase, aksi teror bersenjata, ancaman keamanan laut dan udara

9. Mengapa ideologi Pancasila tidak bisa dikatakan aman dari berbagai macam ancaman dalam pengimplementasian nilai- nilainya di masyarakat!

Jawaban:

Ancaman terhadap ideologi Pancasila tidak hanya berasal dari komunisme, tetapi juga dari ideologi lain misalnya liberalisme. Secara tidak sadar, saat ini kehidupan masyarakat Indonesia cenderung mengarah pada kehidupan liberal yang menekankan pada aspek kebebasan individu. Hal ini sebagai akibat dari era globalisasi.

Globalisasi ternyata mampu meyakinkan kepada masyarakat Indonesia bahwa liberalisme dapat membawa manusia ke arah kemajuan dan kemakmuran. Tidak jarang hal ini mempengaruhi pikiran masyarakat Indonesia untuk tertarik pada ideologi tersebut.

10. Dalam hidupmu selama ini tentu telah menghadapi persoalan yang memerlukan kewaspadaan agar dirimu dan orang lain selaras. Cobalah perhatikan situasi yang berkaitan dengan kewaspadaan di lingkungan sekolah dan masyarakat. Apa yang akan kamu lakukan apabila terjadi tawuran? Kemukakan pula perasaanmu sebagai seorang warga negara ketika menghadapi tawuran yang terjadi di sekolah atau kampungmu?
 
Baca Juga: Kunci Jawaban dan Pembahasan Soal Matematika Kelas 7 SMP MTs Semester 2: Melukis Sudut Istimewa

Jawaban:

Perasaan kita terhadap aksi tawuran di sekolah maupun di kampung adalah sangat memprihatinkan, karena tawuran dapat memecah belah persatuan dan kesatuan serta merusak citra sekolah dan kampung halaman serta membahayakan orang-orang yang berada di sekitarnya yang tidak tahu menahu persoalan yang sebenarnya, tawuran juga suatu perbuatan yang tidak terpuji.

Disclaimer:

1. Artikel materi ini merupakan pendamping bagi para orang tua untuk pembelajaran anaknya.

2.Jawaban bersifat terbuka, dimungkinkan bagi para siswa dan orang tua untuk mengeksplorasi jawaban yang lebih baik.

3.Artikel ini tidak mutlak menjamin kebenaran jawaban.

Demikian kumpulan soal PKN kelas 11 SMA semester 2 lengkap beserta pembahasan soal latihan menjelang USBN.***
 
 
 

Editor: Muhammad Suria


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x