Apa Itu Pancasila Sebagai Sistem Filsafat? Simak Penjelasan Keterikatan antar Sila

- 20 Desember 2021, 15:45 WIB
Garuda Pancasila - Pengertian dari apa itu Pancasila sebagai sistem filsafat. Ketahui penjelasan lengkap mengenai keterikatan antar Sila di Pancasila.
Garuda Pancasila - Pengertian dari apa itu Pancasila sebagai sistem filsafat. Ketahui penjelasan lengkap mengenai keterikatan antar Sila di Pancasila. /Pixabay/ibnuamaru

BERITA DIY - Yuk simak pengertian dari apa itu Pancasila sebagai sistem filsafat.

Seperti diketahui, Pancasila merupakan dasar negara Indonesia. Selain menjadi falsafah hidup bangsa, Pancasila juga menjadi dasar filsafat kenegaraan Indonesia.

Meski Pancasila baru dimuat secara resmi pada masa setelah Kemerdekaan, Pancasila sendiri memuat nilai kearifan lokal yang sudah ada sejak lama hadir di tengah-tengah masyarakat Indonesia.

Baca Juga: Apa Maksud Pancasila Sebagai Sistem Filsafat? Ini Bukti Setiap Sila Berkaitan Satu Sama Lain

Itulah mengapa Bung Karno dan para pendiri bangsa yang lain bukanlah membuat Pancasila, melainkan memperjelas nilai-nilai hidup yang telah lama ada di dalam masyarakat Indonesia.

Makna Pancasila Sebagai Sistem Filsafat

Sebelum membahas jauh mengenai Pancasila sebagai sistem Filsafat, mari kita simak terlebih dahulu pengertian filsafat dan juga sistem.

Mengutip buku Pendidikan Pancasila & Kewarganegaraan oleh Edi Rohani (2019), filsafat bisa diartikan sebagai pandangan hidup seseorang atau kelompok yang merupakan konsep dasar dari kehidupan yang dicita-citakan.

Baca Juga: Apa Maksud Kedudukan Pancasila Sebagai Kepribadian Bangsa dalam Menyelesaikan Masalah? Ini Jawabannya

Halaman:

Editor: Muhammad Suria


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x