Apa Itu Qalqalah Sugra dan Qalqalah Kubro? Simak Pengertiannya, Perbedaan, dan Contoh Dalam Tajwid Al-Qur'an

- 7 Desember 2021, 21:49 WIB
ILUSTRASI - Pengertian, perbedaan, dan contoh bacaan qalqalah sugra dan qubra ilmu tajwid Al-Qur'an.
ILUSTRASI - Pengertian, perbedaan, dan contoh bacaan qalqalah sugra dan qubra ilmu tajwid Al-Qur'an. /PIXABAY/Erni Abdullah

BERITA DIY - Simak penjelasan atau uraian tentang qalqalah sugra dan qalqalah kubra mulai dari pengertian, perbedaan, dan contoh bacaannya.

Dalam membaca kitab suci al-qur’an umat muslim perlu mengetahui hukum-hukum bacaan atau ilmu tajwid, supaya dalam membaca sesuai dengan ajaran.

Salah satunya adalah bacaan qalqalah. Huruf qalqalah ad alma huruf yaitu huruf ba (ب), jim (ج), dal (د), ta (ط), dan qaf (ق). Atau kalau ingin mudah mengingatnya bisa membuat akronim BaJuDiToKo.

Baca Juga: 5 Keutamaan Membaca al-Qur'an di Bulan Suci Ramadan, Ayo Khatam!

Qalqalah ini dibaca ketika salah satu dari kelima huruf itu mendapat sukun di tengah kalimat atau wakaf di akhir kalimat.

Kelima huruf qalqalah itu dibagi lagi menjadi dua hukum, yakni qalqalah sugra dan qalqalah kubra.

Pengertian qalqalah sugra, sugra memiliki arti kecil. Jadi, qalqalah sugra yakni qalqalah kecil yang artinya  bacaan 5 huruf qalqalah dipantulkan secara ringan. Qalqalah sugra ini biasanya dilakukan untuk huruf-huruf qalqalah yang berada di tengah ayat.

Pengertian qalqalah kubra, kubra artinya besar. Maka, qalqalah kubra dibaca dengan suara pantulan yang kuat. Biasanya qalqalah kubra dibunyikan ketika bertemu dengan 5 huruf qalqalah di akhir kalimat.

Perbedaan mendasar dari bacaan qalqalah ini adalah, ketika ia qalqalah sugra makan pantulan suara yang dikeluarkan ringan. Kalau qalqalah kubra pantualan suara yang dikeluarkan tebal dan kuat.

Baca Juga: 99 Asmaul Husna, Nama Baik Allah SWT dalam Al-Qur'an yang Wajib Diketahui: Lengkap Arti dan Keutamaannya

Halaman:

Editor: MR Firmansyah


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x