Apa itu ANBK dan Kapan Pelaksanaannya? Ini Jadwal Terbaru dan Link Materi Soal AKM

- 16 November 2021, 12:30 WIB
ILUSTRASI - Apa itu ANBK dan kapan pelaksanaannya? Simak jadwal terbaru pelaksanaan Asesmen Nasional dan link contoh materi soal AKM.
ILUSTRASI - Apa itu ANBK dan kapan pelaksanaannya? Simak jadwal terbaru pelaksanaan Asesmen Nasional dan link contoh materi soal AKM. /ANTARA FOTO/FB Anggoro/wsj

BERITA DIY - Kemdikbud secara resmi mengganti Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) menjadi Asesmen Nasional Berbasis Komputer (ANBK). Lalu, apa itu ANBK? dan kapan jadwal pelaksanaannya?

Menurut BNSP (Badan Nasional Standarisasi Pendidikan) sebuah badan turunan dari Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, Riset dan Teknologi (Kemendikbud Ristek), ANBK adalah program penilaian terhadap mutu yang dimiliki oleh satuan pendidikan atau sekolah.

Hal itu membuat UNBK yang diluncurkan pada 2019 oleh Kemdikbud, secara resmi digantikan oleh ANBK.

Baca Juga: Contoh Soal Kisi Kisi AKM Numerasi ANBK 2021 SD Kelas 5 dan SMP Kelas 8 dan Indikator Penilaian Pengganti UN

Secara sederhana, ANBK adalah penilaian yang dilakukan di setiap jenjang sekolah, mulai dari SD, SMP, SMA/SMK dan sederajat.

Hal pokok yang membedakan ANBK dengan UNBK adalah waktu pelaksanaan. Jika UNBK dilaksanakan untuk siswa akhir tahun sekolah, maka ANKB diperuntukkan bagi siswa kelas 5 SD, 8 SMP, dan 11 SMA.

Selain itu, ANBK tidak akan mengevaluasi capaian murid secara individu dengan standarisasi nasional seperti UNBK, namun akan mengevaluasi dan memetakan sistem pendidikan berupa input, proses, dan hasil.

Baca Juga: Apa Itu Pelaksanaan ANBK 2021 dan Link Materi Soal AKM SMP di Pusmanjar.kemendikbud.go.id

Pengembangan kompetensi dan karakter murid menjadi tujuan dari Asesmen Nasional Berbasis Komputer (ANKB) ini.

Halaman:

Editor: Muhammad Suria


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x