Apa Itu Pelaksanaan ANBK 2021 dan Link Materi Soal AKM SMP di Pusmanjar.kemendikbud.go.id

- 15 November 2021, 15:35 WIB
Berikut penjelasan pelaksanaan ANBK 2021 dan bocoran materi soal AKM SMP di pusmanja.kemendikbud.go.id.
Berikut penjelasan pelaksanaan ANBK 2021 dan bocoran materi soal AKM SMP di pusmanja.kemendikbud.go.id. /Tangkap layar pusmenjar.kemdikbud.go.id

BERITA DIY - Berikut penjelasan mengenai pelaksanaan ANBK 2021 dan bocoran link materi soal AKM SMP di pusmanjar.kemendikbud.go.id.

Kegiatan Asesmen Nasional Berbasis Komputer (ANBK) tahun 2021 merupakan program evluasi yang diselenggarakan oleh Kemendikbud untuk meningkatkan mutu pendidikan dengan memotret input, proses dan output pembelajaran di seluruh indonesia.

ANBK 2021 sendiri akan dilakukan pada satuan pendidikan mulai dari sekolah dasar hingga menengah. Setelah sebelumnya hanya dilakukan pada tingkat pendidikan menengah saja. 

Baca Juga: Apa Itu ANBK dan UNBK 2021? Ini Penjelasan Kemendikbud Ristek dan Jadwal Asesmen Nasional September 2021

Merujuk pada anbk.kemdikbud.go.id Asesmen Nasional bertujuan untuk menunjukkan apa yang seharusnya menjadi tujuan utama satuan pendidikan, yakni pengembangan kompetensi dan karakter murid.

ANBK 2021 juga memberi gambaran tentang karakteristik esensial sebuah satuan pendidikan yang efektif untuk mencapai tujuan utama tersebut.

Hal ini diharapkan dapat mendorong satuan pendidikan dan Dinas Pendidikan untuk memfokuskan sumber daya pada perbaikan mutu pembelajaran.

Baca Juga: Apa Itu ANBK dan Jadwal Kapan AKM SMP 2021 Dilaksanakan, Apakah Benar Diundur?

Sementara mutu pendidikan yang dimaksud dinilai berdasarkan hasil belajar murid serta kualitas proses belajar-mengajar dan iklim pendidikan yang mendukung pembelajaran.

Mengingat pelaksanaan AKM sudah dimulai pada setiap jenjang, maka perlu tau apa itu Asesmen Nasional.

Halaman:

Editor: Arfrian Rahmanta


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x