Jawaban Dasar dan Lambang Negara Indonesia, Simak Kedudukan Pancasila bagi Bangsa Indonesia

- 20 September 2021, 17:07 WIB
Garuda Pancasila sebagai lambang dan dasar negara negara Indonesia.
Garuda Pancasila sebagai lambang dan dasar negara negara Indonesia. /bpip.go.id

BERITA DIY - Simak jawaban dari dasar dan lambang negara Indonesia beserta kedudukan Pancasila bagi bangsa Indonesia di artikel ini.

Tidak hanya sebagai mata pelajaran di sekolah, nilai-nilai kewarganegaraan hendaknya diterapkan dalam kehidupan sehari-hari sebagai bangsa Indonesia yang terdiri dari beragam latar belakang suku dan budaya.

Adapun jawaban dari dasar dan lambang negara Indonesia adalah Garuda Pancasila dengan semboyan "Bhinneka Tunggal Ika" yang bearti "walaupun berbeda namun tetap satu jua".

Baca Juga: Urutan 5 Lambang Pancasila dan Artinya Beserta Makna Seiap Simbol Pada Gambar Burung Garuda

Semboyan tersebut diambil dari puisi Kakawin Sutasoma yang merupakan karya dari Mpu Tantular. Hal itu tidak terlepas dari demografi Indonesia yang diduduki oleh berbagai macam latar belakang namun tetap hidup rukun di NKRI.

Di tengah lambang Burung Garuda terdapat lima simbol yang terletak di dalam perisai, di mana masing-masing simbol mencerminkan nilai yang terkandung dalam Pancasila.

Dikutip dari ppkn.unibabwi.ac.id, simbol bintang merepresentasikan sila pertama. Sementara simbol rantai mencerminkan sila kedua. Adapun sila ketiga ditandai oleh simbol pohon beringin. Kepala banteng adalah simbol sila keempat dan padi kapas merupakan simbol sila kelima.

Baca Juga: Contoh Pengamalan Pancasila Sila ke-1 sampai Sila ke-5 di Tempat Bermain dan Lingkungan Sekitar

Tak hanya itu, warna pada lambang Burung Garuda juga memiliki makna tertentu, di antaranya adalah:

- Warna putih memiliki arti kesucian, kebenaran, dan kemurnian

Halaman:

Editor: Inayah Bastin Al Hakim


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Pemilu di Daerah

x