Apa Itu ANBK dan Jadwal Kapan AKM SMP 2021 Dilaksanakan, Apakah Benar Diundur?

- 26 Agustus 2021, 14:35 WIB
ILUSTRASI - Penjelasan mengenai ANBK dan jadwal AKM lengkap.
ILUSTRASI - Penjelasan mengenai ANBK dan jadwal AKM lengkap. /ANTARA FOTO/FB Anggoro/wsj

BERITA DIY - Ketahui penjelasan apa itu ANBK beserta jadwal pelaksanaan AKM yang dijadikan standar penilaian tersebut, simak selengkapnya melalui artikel ini.

Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan atau Kemendikbud telah resmi akan menyelenggarakan program Asesmen Nasional Berbasis Komputer atau disebut dengan ANBK.

Mengutip dari anbk.kemdikbud.go.id, program ANBK ini merupakan tes atau proses penilaian terhadap mutu yang dimiliki oleh satuan pendidikan atau sekolah. Hal ini dilakukan pada satuan pendidikan atau sekolah dasar maupun menengah.

Baca Juga: Apa Itu Asesmen Nasional dan Perbedaannya dengan Ujian Nasional, Ini Jadwal Pelaksanaannya

Dengan melakukan ANBK atau program Asesmen Nasional ini diharapkan dapat menghasilkan informasi yang pasti yang dapat digunakan untuk mengevaluasi atau memperbaiki kualitas belajar mengajar pada suatu lembaga pendidikan dasar dan menengah.

Terdapat 3 hal atau instrumen dalam pelaksanaan Asesmen Nasional ini, yaitu AKM atau Asesmen Kompetensi Minimum, survei karakter, dan yang terakhir adalah survei lingkungan belajar.

AKM atau Asesmen Kompetensi Minimum yang digunakan sebagai salah satu instrumen penilaian dalam ANBK ini merupakan penilaian kompetensi dasar bagi setiap murid di suatu sekolah.

Baca Juga: Contoh Latihan Soal Asesmen Nasional 2021 di Pusmenjar Kemdikbud, Begini Cara Ikut Simulasi

Dalam AKM ini nantinya juga memiliki berbagai standart penilaian yang akan melihat berbagai hal dalam suatu instansi pendidikan ataupun sekolah. 

Terdapat dua hal yang akan dilakukan sebagai dasar penilaian dalam AKM ini. Pertama yaitu tingkat literasi dalam kegiatan membaca yang dilakukan oleh siswa suatu sekolah.

Halaman:

Editor: Muhammad Naufal Alyaa

Sumber: anbk.kemendikbud.go.id


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x