Apa Itu Asesmen Nasional dan Perbedaannya dengan Ujian Nasional, Ini Jadwal Pelaksanaannya

- 24 Agustus 2021, 19:30 WIB
Ilustrasi - Perbedaan asesmen nasional dan ujian nasional serta jadwal pelaksanaannya.
Ilustrasi - Perbedaan asesmen nasional dan ujian nasional serta jadwal pelaksanaannya. /PIXABAY/StockSnap

BERITA DIY – Ketahui lebih jauh apa itu asesmen nasional, tujuan asesmen nasional, perbedaannya dengan ujian nasional (UN), serta jadwal pelaksanaan asesmen nasional 2021.

Menteri Pendidikan, Nadem Makarim telah resmi menghapuskan Ujian Nasional (UN) pada tahun 2021 dan menggantinya dengan Asesmen Nasional (AN)

Asesmen Nasional (AN) adalah pemetaan mutu pendidikan pada seluruh sekolah, madrasah, dan program kesetaraan jenjang dasar dan menengah. Asesmen Nasional (AN) ini tidak menentukan kelulusan.

Baca Juga: Jadwal Asesmen Nasional Pengganti UN bagi SD, SMP, SMA, dan SMK Terbaru

Setidaknya terdapat tiga tujuan dari Asesmen Nasional (AN) ini, pertama mendorong guru mengembangkan kompetensi kognitif yang mendasar sekaligus karakter murid secara utuh.

Kedua adalah menunjukkan apa yang seharusnya menjadi tujuan utama sekolah yaitu pengembangan kompetensi dan karakter murid, dan terakhir memberi gambaran tentang karakteristik esensial sekolah yang efektif untuk mencapai tujuan tersebut.

Terdapat tiga instrumen dalam pelaksanaan Asesmen Nasional (AN) yaitu asesmen kompetensi minimum, survei karakter, dan survei lingkungan belajar. Asesmen Kompetensi Minimun (AKM) bertujuan mengukur literasi membaca dan numerasi sebagai hasil belajar kognitif.

Instrumen survei karakter untuk mengukur sikap, kebiasaan, nilai-nilai (values) sebagai hasil belajar nonkognitif. Sedangkan instrumen survei lingkungan belajar untuk mengukur kualitas pembelajaran dan iklim sekolah yang menunjang pembelajaran.

Baca Juga: Terkini! UN dan Ujian Kesetaraan Tahun 2021 Resmi Ditiadakan Kemendikbud

Halaman:

Editor: Arfrian Rahmanta


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x