Contoh Soal SKD CPNS 2021 Lengkap TWK, TIU, dan TKP, Beserta Jawabannya

- 29 Juli 2021, 16:35 WIB
ILUSTRASI - Setelah tahapan seleksi administrasi, peserta CPNS 2021 akan melaksanakan tes SKD yang terdiri dari TIU, TWK, dan TKP.
ILUSTRASI - Setelah tahapan seleksi administrasi, peserta CPNS 2021 akan melaksanakan tes SKD yang terdiri dari TIU, TWK, dan TKP. /PIXABAY/tjevans

BERITA DIY - Simak contoh soal SKD CPNS 2021 yang terdiri dari soal TWK, TIU, dan TKP, beserta jawabannya. Seperti yang diketahui pendaftaran CPNS 2021 telah ditutup beberapa waktu yang lalu setelah mengalami perpanjangan.

Jika pendaftar lolos tahapan administrasi, maka langkah selanjutnya adalah mengikuti Seleksi Kompetensi Dasar (SKD). Adapun SKD ini terdiri dari Tes Wawasan Kebangsaan (TWK), Tes Intelegensi Umum (TIU), dan Tes Karakteristik Pribadi (TKP).

Pada tes SKD peserta diberikan jumlah 100 soal pilihan ganda yang berbasis Computer Assisted Test (CAT). Peserta harus mengerjakan 100 soal dalam waktu 90 menit. Sehingga, kecepatan dan ketepatan menjadi tantangan para peserta untuk lolos ke tahap setelahnya, yaitu Seleksi Kompetensi Bidang (SKB).

Baca Juga: Cara Cek Pengumuman Hasil Seleksi Administrasi CPNS 2021, Simak di Sini

Berikut ini contoh soal SKD yang meliputi TWK, TIU, dan TKP, sebagai persiapan Anda untuk mengikuti CPNS 2021.

Tes Wawasan Kebangsaan (TWK)

TWK bertujuan untuk menilai penguasaan pengetahuan dan kemampuan mengimplementasi nilai-nilai empat pilar Kebangsaan Indonesia, yang meliputi: Pancasila, UUD 1945, Bhineka Tunggal Ika, serta pengetahuan tentang NKRI dilihat dari sejarah, tatanan regional dan global.

1. Beribadah dan menganut suatu agama atau kepercayaan adalah emrupakan asasi....

a. Pribadi
b. Perlakuan dan perlindungan
c. Politik
d. Sosial budaya
e. Agama

Jawaban: A

Halaman:

Editor: Arfrian Rahmanta


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x