Apa Itu HAM? Ini Penjelasan dan 5 Contoh Kasus Pelanggaran Hak Asasi Manusia di Indonesia

- 28 Juli 2021, 16:23 WIB
ILUSTRASI - Arti dan definisi hingga penjelasan dari Hak Asasi Manusia (HAM), pelanggaran HAM dan contoh kasus pelanggaran HAM yang terjadi di Indonesia.
ILUSTRASI - Arti dan definisi hingga penjelasan dari Hak Asasi Manusia (HAM), pelanggaran HAM dan contoh kasus pelanggaran HAM yang terjadi di Indonesia. /PIXABAY/Dimitrisvetsikas

BERITA DIY - Orang kerap mengatakan soal Hak Asasi Manusia (HAM), lantas apa pengertian dari HAM? Apa itu Pembela HAM? Berikut 5 contoh pelanggaran HAM di Indonesia.

John Locke, filsuf asal Inggris dalam bukunya "Two Treaties on Civil Goverment" yang terbit 1690, definisi atau pengertian Hak Asasi Manusia (HAM) adalah hak kodrati (natural right) yang melekat atas hidup (hak hidup), kebebasan (hak kebebasan), dan kepemilikan (hak kepemilikan) yang tidak dapat dicabut oleh komunitas politik yang disebut negara.

Pengertian mendasar soal Hak Asasi Manusia (HAM) ini, kemudian dijabarkan oleh Locke dalam sebuah teori kontrak sosial.

Baca Juga: 34 Pakaian Adat Indonesia Beserta Nama-namanya

Oleh karenanya, siapapun individu (tanpa memandang bangsa, jenis kelamin, etnis, agama, ras, bahasa, serta status lainnya) harus mendapat perlindungan atas hak-haknya (HAM) dari negara.

Dan jika negara melanggar hak-hak alamiah (kondrati) individu sebagaimana disebut sebagai HAM, maka rakyat berhak untuk mengganti secara paksa penguasa negara.

Dalam teori yang sama, Locke mengatakan bahwa tidak semua hak yang dimiliki oleh manusia harus diserahkan kepada penguasa, yakni hak untuk hidup, hak kebebasan, dan hak milik.

Secara formal mengenai HAM, Persatuan Bangsa-Bangsa (PBB) memproklamirkan Deklarasi Universal HAM pada 10 Desember 1948. Siapa pun negara anggota PBB, termasuk Indonesia, wajib menjunjung tinggi hak individu di dalam negaranya.

Baca Juga: Lambang Pancasila Sila ke 1 sampai 5, Beserta Artinya dan Penjelasan Dasar Negara Indonesia

Halaman:

Editor: Arfrian Rahmanta


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Pemilu di Daerah

x