Lambang Pancasila Sila ke 1 sampai 5, Beserta Artinya dan Penjelasan Dasar Negara Indonesia

- 27 Juli 2021, 16:40 WIB
Berikut lambang dan arti dari setiap sila dari Pancasila beserta penjelasan dasar negara
Berikut lambang dan arti dari setiap sila dari Pancasila beserta penjelasan dasar negara /PIXABAY/ibnuamaru

BERITA DIY - Kenali berbagai lambang beserta arti Pancasila mulai dari sila ke 1 hingga sila ke 5 beserta penjelasan mengenai dasar negara Indonesia. Anda dapat menyimak artikel ini hingga akhir. 

Sebagai warga negara Indonesia diwajibkan untuk mengenal dasar negara yaitu Pancasila. Namun taukah anda bahwa dalam Pancasila terdapat berbagai lambang yang mewakili berbagai sila di dalamnya.

Berbagai lambang dalam sila-sila tersebut melambangkan arti dari setiap sila yang terdapat di Pancasila mulai dari sila 1 hingga sila ke 5. Tak hanya sebagai lambang, namun lambang tersebut juga memiliki berbagai arti.

Baca Juga: Arti Lambang Pancasila Sila ke-1,2,3,4,5 dan Penerapannya dalam Kehidupan Sehari-hari

Untuk mengerti lambang dan arti dari setiap lambang dalam Pancasila berikut kami berikan contoh lambang dan arti dari setiap lambang tersebut.

Pada sila pertama, lambang yang ada adalah lambang bintang yang memiliki 5 sudut. Lambang tersebut memiliki arti sebagai bintang yang menyinari dasar-dasar negara Indonesia.

Sedangkan pada sila ke 2 memiliki lambang berupa mata rantai emas berbentuk bulat yang saling berkaitan dan membentuk satu lingkaran besar. Arti dari lambang tersebut adalah hubungan antar manusia di Indonesia yang akan saling berkaitan.

Baca Juga: Contoh Sikap dalam Kehidupan Sehari-hari yang Mencerminkan Nilai Pancasila Sila 1 sampai 5

Sementara itu lambang juga terdapat pada sila ke 3. Pada sila ke 3 memiliki lambang pohon beringin. Arti dari lambang pohon beringin tersebut yaitu Pancasila adalah tempat berteduh dan berlindung bagi segenap bangsa Indonesia.

Lebih lanjut pada sila ke 4 memiliki lambang berupa kepala banteng. Makna atau arti dari lambang kepala banteng tersebut adalah bahwa rakyat Indonesia makhluk sosial yang suka berkumpul dan bermusyawarah untuk mendapat mufakat.

Halaman:

Editor: Arfrian Rahmanta


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x