Contoh Sikap dalam Kehidupan Sehari-hari yang Mencerminkan Nilai Pancasila Sila 1 sampai 5

- 26 Juli 2021, 16:10 WIB
Berikut contoh sikap mengamalkan pancasila dalam kehidupan bangsa dan negara Indonesia
Berikut contoh sikap mengamalkan pancasila dalam kehidupan bangsa dan negara Indonesia /Tangkap Layar kemdikbud.go.id

BERITA DIY - Sebagai warga negara Indonesia tentunya mesti memahami Pancasila. Namun, bagaimana sebenarnya contoh sikap yang mencerminkan nilai Pancasila dalan kehidupan sehari-hari? Simak dalam artikel ini.

Dalam kehidupan berbangsa dan bernegara tentunya kita harus memiliki dasar. Dasar negara yang dimiliki oleh bangsa dan negara Indonesia adalah Pancasila.

Meski demikian, masih banyak masyarakat Indonesia yang belum mengerti cara atau contoh sikap dalam mengamalkan nilai Pancasila mulai dari sila 1 hingga sila 5.

Baca Juga: Lengkap: Teks Proklamasi Kemerdekaan Indonesia 17 Agustus 1945

Pancasila sebagai dasar negara bukanlah hal yang dengan sederhana terwujud. Melainkan Pancasila merupakan rumusan dasar negara yang ditemukan oleh para pendiri negara Indonesia.

Hadirnya Pancasila pun juga menunjukkan keluhuran cara berfikir dari para pendiri negara Indonesia. Pancasila merupakan perpaduan antara nilai-nilai yang telah ada dengan tujuan bangsa Indonesia.

Itulah sebabnya Pancasila tidak hanya menjadi dasar negara Indonesia, namun juga menarik mata dunia tentang nilai-nilai yang ada di dalamnya.

Baca Juga: Lirik Lagu Garuda Pancasila LENGKAP dengan Arti dan Makna yang Terkandung dari Syair, serta Penciptanya

Sebagai bagian dari bangsa dan warga negara Indonesia sudah sepantasnya kita semua mengamalkan nilai-nilai yang terkandung dari setiap sila dalam Pancasila.

Upaya untuk mengamalkan nilai-nilai Pancasila pun sebenarnya tidak hanya pada hal besar. Melainkan kita dapat melakukan contoh sikap sesuai dengan nilai-nilai yang terkandung dalam setiap sila dari Pancasila.

Halaman:

Editor: Arfrian Rahmanta


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x