Nama Organ Gerak Ikan, Burung, dan Kambing Serta Fungsinya: Kunci Jawaban Tema 1 Kelas 5 SD dan MI Halaman 14

- 17 Juli 2021, 05:30 WIB
Ilustrasi hewan ikan yang memiliki organ gerak bernama sirip dan ekor, kunci jawaban tema 1 kelas 5 SD dan MI Kemdikbud halaman 14.
Ilustrasi hewan ikan yang memiliki organ gerak bernama sirip dan ekor, kunci jawaban tema 1 kelas 5 SD dan MI Kemdikbud halaman 14. /Pixabay/Gaimard

BERITA DIY - Gerak merupakan salah satu ciri dari makhluk hidup. Gerak adalah perubahan tempat atau kedudukan baik berupa perpindahan maju, mundur, naik, dan turun, atau perpindahan lainnya.

Hewan merupakan makhluk hidup yang bergerak. Gerak pada hewan disebabkan oleh berfungsinya organ gerak yang menyebabkan terjadinya perpindahan kedudukan hewan dari tempat yang satu ke tempat yang lain.

Organ gerak membentuk suatu sistem yang dinamakan sistem gerak contohnya terdiri dari tulang dan otot. Tulang sebagai orgam gerak pasif dan otot sebagai organ gerak aktif yang melekat pada tulang.

Baca Juga: Kunci Jawaban Buku Tema 1 Kelas 4 SD dan MI Halaman 17, 18, 19, 20, dan 21 Mengenal Segi Banyak

Organ gerak pada hewan berbeda-beda tergantung pada lingkungan di mana hewan hidup. Artikel ini akan mengkaji mengenai kunci jawaban Tema 1 Kelas 5 SD dan MI halaman 14 Pembelajaran 2 buku tematik kurikulum 2013 edisi revisi 2017 dari Kemdikbud.

Berikut ini adalah kunci jawaban Tema 1 Kelas 5 SD dan MI halaman 14 mengenai nama organ gerak dan fungsinya:

Ikan

Nama organ gerak: Sirip dan Ekor

Fungsinya: Sirip pada ikan membantu agar ikan dapat bergerak maju dan bisa mempercepat ikan bergerak di dalam air, sementara ekor pada ikan akan membantu untuk mendorong tubuh ikan dan untuk mengangkat tubuh ikan timbul ke atas.

Halaman:

Editor: Iman Fakhrudin


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x