11 Nama-nama Tembang Macapat LENGKAP dengan Pengertian dan Maknanya

- 11 Juni 2021, 12:45 WIB
Ilustrasi: 11 Nama Tembang Macapat Bahasa Jawa lengkap dengan arti dan makna.
Ilustrasi: 11 Nama Tembang Macapat Bahasa Jawa lengkap dengan arti dan makna. /pixabay/ steinchen

BERITA DIY – Ketahui sebelas nama-nama tembang macapat Bahasa Jawa lengkap dengan pengertian dan maknanya melalui pembahasan dalam artikel di bawah ini.

Tembang Macapat adalah karangan atau gabungan kata dengan patokan tertentu dan pembacaannya menggunakan penataan seni suara atau nada disertai susunan bahasa dan sastra.

Tembang macapat juga diartikan sebagai tembang yang dilagukan empat-empat atau memiliki jeda pada setiap empat suku kata, dari suku kata larik dan suku kata selanjutnya sisa dalam setiap lariknya.

Baca Juga: 10 Nama Malaikat dan Tugasnya yang Wajib Diimani Umat Muslim

Terdapat sebelas nama tembang macapat, yaitu tembang mijil, kinanthi, sinom, asmaradana, dhandhanggula, gambuh, maskumambang, durma, pangkur, megatruh, dan pocung. Berikut pengertian dan pernjelasan lengkapnya.

  1. Tembang Maskumambang

Maskumambang berasal dari dua kata, yakni mas dan kumambang yang dalam bahasa Indonesia artinya emas terapung. Tembang macapat maskumbang menceritakan tahap pertama dalam perjalanan hidup manusia.

Maskumambang melambangkan anak yang masih dalam kandungan. Tembang macapat maskumambang banyak berisi nasehat kepada seorang anak agar selalu berbakti kepada orang tua.

  1. Tembang Mijil

Mijil berasal dari kata bahasa Jawa wijil yang bermakna keluar. Tembang mijil memiliki makna saat anak manusia terlahir ke dunia dari rahim ibunya. Tembang mijil ini sering digunakan untuk memberi nasihat dan ajaran kepada manusia agar selalu kuat serta tabah dalam menjalani kehidupan.

Baca Juga: Rekomendasi Nama Bayi Laki-Laki Islami yang Lahir Bulan Maret dan Artinya

Halaman:

Editor: Iman Fakhrudin


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x