Mengenal Rumah Adat di Pulau Jawa: Mulai dari Rumah Joglo, Rumah Jolopong, Sampai Rumah Baduy

- 19 Januari 2021, 15:32 WIB
Ilustrasi: Rumah Joglo.
Ilustrasi: Rumah Joglo. /tangkap layar instagram.com/ @joglosalak

BERITA DIY – Indonesia memiliki beragam suku dan budaya, keragaman ini dapat dilihat dari berbagai bidang salah satunya adalah rumah adat setiap daerah. Pulau Jawa sebagai bagian dari Indonesia memiliki beragam rumah adat.

Mulai dari jawa timur terdapat Rumah Tanean Lanjeng di Madura. Kemudian di bagian Jawa Tengah terdapat rumah Gebyok Kudus dan Rumah Joglo, Sementara itu di bagian Jawa Barat terdapat rumah Kebaya, Rumah Baduy dan Rumah Jolopong.

Berikut keunikan dari setiap rumah adat di Pulau Jawa, selengkapnya.

  1. Rumah Tanean Lanjeng

Rumah Tanean Lanjeng merupakan rumah adat dari Pulau Madura, Provinsi Jawa Timur. Rumah Tanean Lanjeng berupa kompleks rumah-rumah sederhana di dekat ladang. Dinding rumah Tanean Lanjeng dindingnya tdari papan yang dipasang tegak dan bentuk atapnya seperi pelana. Rumah ini dibuat dan dihuni oleh satu keluarga besar. Biasanya terdiri dari sembilan buah rumah, di mana rumah tetua keluarga terletak di tengah.

Baca Juga: Rekomendasi Film Korea Terbaik tentang Anak Muda Semua Genre yang Lucu dan Menambah Motivasi

  1. Gebyok Kudus

Rumah Gebyok merupakan rumah adat dari Provinsi Jawa tengah. Gebyok Kudus ini merupakan sekat ruangan pada rumah joglo yang besar dengan pintu di tengahnya. Sekat tersebut terbuat dari kayu berukir halus, orang lain menyebutnya sebagai gebyok.

  1. Rumah Joglo

Rumah Joglo merupakan rumah adat yang banyak ditemui di Provinsi Jawa Tengah, Daerah Istimewa Yogyakarta dan Jawa Timur. Rumah Joglo dilengkapi dengan pendopo untuk bersantai atau menerima tamu. Bentuk rumah joglo ini berupa rangka atapnya bertumpuk-tumpuk mulai dari tiga sampai sembilan tumpuk.

  1. Rumah Kebaya atau Rumah Bapang

Rumah Kebaya atau Rumah Bapang merupakan rumah adat suku Betawi, Provinsi Daerah Khusus Ibukota Jakarta. Rumah Kebaya atau Rumah Bapang ini jika dilihat dari samping, bentuk atapnya berlipat seperti kain kebaya. Sementara jendelanya memiliki tirai dan daun jendela berbentuk jalusi atau susunan bilah kayu.

Baca Juga: Tjahjo Kumolo: Perekrutan CPNS Tahun 2021 Tidak Didasari Jumlah Pegawai yang Pensiun

Halaman:

Editor: Adestu Arianto


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Pemilu di Daerah

x