Arti Semboyan Ing Ngarso Sung Tulodo, Ing Madya Mangun Karsa, Tut Wuri Handayani di Pendidikan

- 25 November 2020, 06:02 WIB
Gambar Ki Hadjar Dewantara, Bapak Pendidikan Nasional. /Kolase kemendikbud.go.id

BERITA DIY - Ki Hadjar Dewantara merupakan Bapak Pendidikan Nasional Indonesia yang telah memberikan sumbangsih yang begitu besar bagi peradaban pendidikan mulai dari sistem pendidikan hingga semboyan pendidikan yang menjadi fondasi pendidikan di Indonesia.

Semboyan dalam dunia pendidikan yang paling populer adalah semboyan Ing Ngarso Sung Tulodo, Ing Madyo Mangun Karsa, Tut Wuri Handayani yang menjadi pedoman pendidik menjalankan bimbingan kepada anak didiknya.

Meski semboyan Ing Ngarso Sung Tulodo, Ing Madyo Mangun Karsa, Tut Wuri Handayani dikenal luas sebagai semboyan pendidikan, namun sejatinya semboyan ini mencakup aspek yang lebih luas yakni mengenai hakikat seorang pemimpin.

Baca Juga: Tips Belajar Efektif dan Efisien Sebelum Mengikuti Ujian, Terapkan dan Dapatkan Nilai Maksimal

Baca Juga: Klasterisasi Perguruan Tinggi 2020 Versi Kemendikbud, IPB Rebut Peringkat Pertama

Dalam konteks kepemimpinan maka semboyan ini akan menciptakan sosok pemimpin yang disegani dan berwibawa serta mampu menempatkan diri dimanapun ia berada.

Sementara dalam dunia pendidikan, secara spesifik ditujukan kepada sosok guru yang memberikan pembelajaran dan bimbingan kepada peserta didiknya untuk menjadikan seorang manusia mandiri, berbudi luhur, dan tujuan lainnya dari pendidikan sebagaimana termuat dalam UU Sistem Pendidikan Nasional atau UU Sisdiknas Pasal 3.

Berikut ini adalah arti dari semboyan Ing Ngarso Sung Tulodo, Ing Madyo Mangun Karsa, Tut Wuri Handayani dalam dunia pendidikan sebagaimana dikutip dalam Jurnal Pendidikan di Website Kabupaten Kulon Progo:

Baca Juga: Tutorial Cara Membuat Google Form Melalui Google Drive, Mudah dan Gratis

Halaman:

Editor: Iman Fakhrudin

Sumber: kulonprogokab.go.id


Tags

Komentar

Artikel Terkait

Terkini

Terpopuler

Terpopuler Pikiran Rakyat Network

X